Khofifah Lantik Kepala BPSDM Jatim Jadi Wali Kota Batu

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim Aries Agung Paewai sebagai Wali Kota Batu. (Medcom.id/Amal) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim Aries Agung Paewai sebagai Wali Kota Batu. (Medcom.id/Amal)

SURABAYA: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melantik Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim Aries Agung Paewai sebagai Pj Wali Kota Batu.

Aries menggantikan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko - Punjul Santoso yang masa jabatannya habis sejak Desember 2022.

"Selamat menjalankan tugas dan segera menjalin koordinasi dengan Forpimda setempat," kata Khofifah, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis, 19 Januari 2023.

Pj Wali Kota Batu akan bertugas lebih dari setahun hingga Pilkada Serentak 2024. Selama menjabat sebagai Wali Kota Batu, Aries diberi kewenangan penuh untuk mengambil kebijakan seperti melakukan pengisian jabatan dan mutasi pegawai.

Selain itu, Aries juga berwenang membatalkan perizinan yang telah ditetapkan wali kota sebelumnya. Kemudian juga diperbolehkan mengeluarkan kebijakan perizinan yang sifatnya berbeda dengan penjabat sebelumnya.

BACA: KPK Geledah Rumah Ketua DPRD Jatim

Namun, untuk urusan rancangan Peraturan Daerah (Perda) dan rancangan Peraturan Wali Kota, harus melalui persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karanvian.

Pria kelahiran Makassar 17 April 1976 itu memulai karier birokrasi sebagai tenaga kontrak Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan. Ia pun sempat menjadi ajudan Bupati Majene, Sulawesi Barat.

Setelah itu, di Kabupaten Majene, ia dipercaya sebagai kepala Tata Usaha (TU) kantor Catatan Sipil. Lalu, Kasubag Kependudukan Bagian Pemerintahan Setda Majene. Tak lama berselang, Aries kembali ke Sulsel dan menjabat Kasubag Protokol sekaligus Plt Kabag Protokol Pemprov Sulsel.

Setelah itu, pada 2007, ia ditugaskan ke Jawa Timur. Mulai dari sespri Gubernur Jatim, kasubag Protokol, kasubag UMKM Biro Perekonomian, kabag Protokol Jatim, kepala Biro Humas dan Protokol, dan kini Kepala BPSDM.

Ia juga pernah dipercaya oleh Pemprov Jawa Timur untuk melakukan kerja sama bilateral dengan beberapa negara. Seperti di Perancis, Belanda, Afrika Selatan, Australia, Korea Selatan, Singapura, Belgia, Italia, Jerman, Rusia, dan Inggris.

 


(TOM)

Berita Terkait