Penalti Ze Valente Akhiri Puasa Kemenangan Persebaya

Duel Persebaya vs Persikabo/psby Duel Persebaya vs Persikabo/psby

GRESIK:  Persebaya Surabaya berhasil mengakhiri tren negatifnya dengan mengalahkan  Persikabo 3-2 dalam laga tunda Liga 1 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Sabtu malam, 25 Maret 2023. Kemenangan Persebaya diraih dengan susah payah setelah sempat tertinggal 1-2.

Tiga gol Persebaya tercipta dari Paulo Victor pada menit 30 dan 70 serta satu gol dari Ze Valente dari titik putih pada menit ke-76. Sementara, gol dari Persikabo berasal dari Ryan Kurnia pada menit ke-31 dan Pedro Gois menit ke-56.

Hasil pertandingan ini membuat Persebaya naik ke peringkat delapan klasemen sementara dengan  42 poin dari 29 pertandingan. Sedangkan Persikabo berada di peringkat 14 dengan poin 35 dari 31 pertandingan.

Jalannya pertandingan babak pertama, kedua kesebelasan bermain terbuka untuk saling serang, tetapi belum ada serangan yang membahayakan gawang dari masing masing tim.

Pada menit ke-16 Persebaya mendapat peluang dari tendangan bebas usai Sho dilanggar di depan kotak pinalti. Sayang tendangan Ze yang memantul pemain lawan tidak bisa dimanfaatkan oleh Supriadi.

BACA: Gol Cepat, Indonesia Pecundangi Burundi

Selang dua menit pemain Persebaya dilanggar lagi di depan kotak pinalti di sisi sebelah kiri lapangan. Namun, tendangan Leo Lelis berhasil ditepis penjaga gawang Persikabo Mochammad Dicky.

Giliran Persikabo pada menit ke-22 melalui Ryan Kurnia membuat peluang, sayang sundulannya masih tinggi melewati gawang Persebaya yang dijaga Ernando Ari.

Paulo Victor akhirnya memecah kebuntuan pada menit 30 lewat tendangan keras kaki kirinya dari dalam kotak penalti yang tidak mampu dibendung penjaga gawang Persikabo.

Gol berawal dari tendangan keras Sho Yamamoto dari luar kotak penalti yang mampu ditepis oleh Mochammad Dicky. Namun bola mengarah ke Paulo Victor dan berhasil dikonversikan menjadi gol.

Keunggulan Persebaya tidak lama. Pada menit 31, Persikabo menyamakan kedudukan 1-1 lewat sundulan Ryan Kurnia. Berawal dari tendangan Bruno Dybal yang membentur mistar gawang dan berhasil diambil Komarodin.

Tendangan mantan pemain PSS Sleman tersebut kemudian diteruskan ke Ryan yang lolos dari penjagaan pemain belakang Bajol Ijo dan berhasil membuahkan gol bagi Persikabo.

Persebaya yang bertekad memutus hasil buruknya terus menyerang pertahanan Laskar Padjajaran tetapi belum mampu membuahkan hasil. Hingga peluit turun minum dibunyikan, skor masih 1-1.

Pada babak kedua, kedua tim yang ingin meraih kemenangan dan memperbaiki peringkat di klasemen sementara langsung tampil menyerang.

Gocekan Sho yang menusuk ke pertahanan Persikabo pada menit 47 membuat peluang bagi Persebaya, sayang tendangannya mengarah tipis diatas gawang lawan.

Umpan-umpan pendek pemain Persebaya pada menit 52 antara Alta Ballah dan Ze Valente kembali membuka peluang, tetapi finishing dari Paulo Victor belum mampu mencatatkan namanya lagi di papan skor.

Serangan balik Persikabo pada menit ke-56 membuahkan hasil, Pedro Gois yang mendapat umpan dari Lucky Octavianto mampu merubah keunggulan, tendangannya tidak mampu dihalau oleh penjaga gawang Persebaya Ernando Ari. Skor berubah 1-2 untuk tim tamu.

Persebaya yang tertinggal terus menyerang pertahanan Persikabo, menit ke-63 Sho Yamamoto kembali membuat peluang, namun tendangannya masih berhasil ditepis Mochammad Dicky ke arah sebelah kanan gawang dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Persebaya akhirnya menyamakan kedudukan dari kemelut di depan gawang, tendangan Paulo Victor berhasil membobol gawang Persikabo pada menit ke-70. Skor berubah 2-2.

Menit ke-76 melalui titik putih Persebaya berhasil merubah kedudukan, ZeValente yang menjadi eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya menjebol gawang Persikabo Tedi Heri yang menggantikan Mochammad Dicky. Skor berubah 3-2 untuk keunggulan Persebaya.

Meski memimpin, tuan rumah belum mengendorkan serangannya, tetapi pertahanan Persikabo masib belum bisa ditembus.
Tim asal Bogor tersebut yang mengandalkan serangan balik belum juga mampu menyamakan kedudukan.


(TOM)

Berita Terkait