Gol Cepat, Indonesia Pecundangi Burundi

Selebrasi pemain Indonesia usai membobol gawang Brundi/pssi Selebrasi pemain Indonesia usai membobol gawang Brundi/pssi

JAKARTA: Timnas Indonesia menang telak atas Burundi 3-2 pada pertandingan pertama FIFA Match Day di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu 25 Maret 2023.

Meski secara peringkat FIFA, Burundi lebih baik. Namun, Timnas Indonesia sudah langsung membuka keunggulan pada menit keenam lewat gol Yakub Sayuri yang menyusup ke pertahanan lawan dan menanduk bola umpan silang kiriman Stefano Lilipaly.

Keunggulan Indonesia sudah bertambah pada menit ke-14. Sundulan Yakub mampu ditahan kiper Burundi, namun dari sana muncul kemelut di mulut gawang Fabien yang berhasil dimaksimalkan oleh Dendy Sulistyawan untuj menggandakan keunggulan.

Gawang Indonesia yang dikawal kiper Syahrul Trisna relatif tidak banyak mendapat ancaman pada separuh babak pertama. Sempat muncul sedikit ancaman dari sepakan melebar pemain Burundi pada menit ke-20.

BACA: Arema Ditahan Borneo Tanpa Gol

Peluang bagus kemudian kembali dimiliki Lilipaly yang menerima umpan tarik dari Asnawi di dalam kotak penalti Burundi. Tetapi, tembakannya masih membentur pemain lawan.

Menjelang turun minum atau pada menit ke-44, gawang Burundi bergetar untuk ketiga kalinya. Kiper Burundi Fabien gagal mengamankan umpan silang dengan sempurna, bola kemudian mengarah ke Rizky Ridho yang dengan mudah memasukkannya ke gawang tim tamu sekaligus menjadi gol penutup babak pertama.

Burundi mencoba mendominasi penguasaan bola pada awal babak pertama. Namun justru Indonesia yang sempat mencuri peluang lewat sundulan Yakub memanfaatkan umpan silang Pratama Arhan, tetapi bola masih melambung.

Pada menit ke-51, Burundi mampu memperkecil ketertinggalan. Diawali dari skema serangan balik cepat, Niyongabire Pacifique sukses merepotkan pertahanan tim Garuda sebelum menaklukkan kiper Syahrul Trisna.

Gol tersebut seolah membuat Burundi semakin bersemangat untuk menyamakan kedudukan. Beberapa kali mereka mencoba melancarkan serangan berbahaya, namun trio Rizky-Jordi-Elkan selalu mampu mematahkan serangan yang datang.

Peluang bagus akhirnya didapat Burundi pada menit ke-85. Bonfils-Caleb Bimenyimana melepaskan tembakan jarak jauh, namun bola mampu ditepis kiper Syahrul. Syahrul Trisna juga berhasil menggagalkan sepakan Jospin Nshimirimana pada fase akhir laga.

Indonesia lantas berhasil mempertahankan keunggulan 3-1 sampai peluit panjang berbunyi. Kedua tim akan kembali bertemu di tempat yang sama untuk memainkan laga kedua FIFA match day ditempat dan waktu yang sama, Selasa (28/3) mendatang.


(TOM)

Berita Terkait