1.538 Personel Gabungan Bakal Amankan Final Leg Kedua Madura United vs Persib

Stadion Gelora Bangkalan. (ANTARA/ HO-Polres Bangkalan) Stadion Gelora Bangkalan. (ANTARA/ HO-Polres Bangkalan)

Bangkalan: Polres Bangkalan mengerahkan 1.538 personel untuk mengamankan laga final leg kedua Liga 1 musim 2023/2024 antara Madura United dan Persib Bandung di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jawa Timur, Jumat, 31 Mei 2024. Personel keamanan yang dikerahkan berasal dari berbagai satuan dan institusi.

"Selain dari unsur polisi, kami juga melibatkan personel dari unsur TNI dan instansi samping di lingkungan Pemkab Bangkalan," ujar Kepala Bagian Operasional Polres Bangkalan, AKP Moch Rifa'e, dikutip dari Antara, Kamis, 30 Mei 2024.

Pengerahan personel dalam jumlah besar ini didasarkan pada beberapa pertimbangan. Selain merupakan laga penentu, pertemuan kedua final Liga 1 antara Madura United dan Persib Bandung juga menjadi perhatian banyak pihak.

Pada leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu, 26 Mei 2024, tuan rumah "Maung Bandung" mengalahkan Madura United dengan skor telak 3-0.

"Pola pengamanan yang kami terapkan kali ini berbeda dengan pertandingan-pertandingan biasa. Setiap pintu menuju tribun penonton akan dijaga puluhan personel," katanya.

"Personel akan dibagi beberapa sektor, semua pintu akan dijaga ketat. Stadion juga hanya diperuntukkan suporter tuan rumah yang memiliki tiket resmi, sedangkan yang tidak (punya tiket) akan difasilitasi Pak Kapolres nobar (nonton bareng) di Mapolres Bangkalan," tambahnya.

Selain itu, area parkir stadion juga akan disterilkan karena pejabat pemerintah, pengurus PSSI, dan operator Liga Indonesia Bersatu (LIB) dijadwalkan hadir di Stadion Gelora Bangkalan.

"Pejabat pemerintah dan LIB hadir langsung dalam laga final sekaligus penyerahan piala kepada juara dan runner up-nya," katanya, menjelaskan.


(SUR)

Berita Terkait