Petani Pasuruan Kembangkan Sistem Organik di Lereng Arjuno, Hasilnya Mantap!

Nur Hidayat, petani organik dari Kabupaten Pasuruan. (metrotv)   Nur Hidayat, petani organik dari Kabupaten Pasuruan. (metrotv)  

PASURUAN. Nur Hidayat, warga Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur bukan petani biasa. Lewat kerja kerasnya, pria berusia 41 tahun ini berhasil mengembangkan sistem pertanian organik di hutan sosial area pegunungan Arjuno. 

Saat ini, Nur Hidayat  sudah berhasil melakukan penanaman dan memanen buah dengan sistem pertanian organik. Diantaranya kopi, pisang cavendish, nangka, kelengkeng, hingga jeruk lemon. 

"Awalnya adalah keinginan untuk menciptakan produk pertanian yang terjamin kualitas kesehatannya tanpa menggunakan pupuk kimia,   sekaligus sebagai misi untuk menjaga kelestarian dan kesuburan lahan pertanian, " ucapnya. 

BACA: Kisah Mantan Petinju Nasional Sukses Ternak Tikus Putih

Keberhasilan Nur Hidayat bercocok tanam sistem organik di ketinggian 1.500 MDPL menjadi perhatian salah satu anggota anggota DPR RI  Fraksi Nasdem, Aminurokhman. 

Pria yang juga menjabat sekretaris DPW Partai Nasdem Jawa Timur ini sangat mengapresiasi dan mendukung keberanian Nur Hidayat yang telah berinovasi mengembangkan sistem pertanian organik. 

"Keberhasilan petani di Kabupaten Pasuruan ini bisa menjadi inspirasi bagi petani di luar Pasuruan untuk berani mencoba dan beralih mengembangkan pertanian organik, " ucapnya. 

Di Kabupaten Pasuruan ada tiga petani di dua kecamatan yang saat ini berhasil mengembangkan sistem pertanian organik. Yakni dua petani di Kecamatan Prigen dan satu petani di Kecamatan Tutur. 


 


(TOM)

Berita Terkait