Warga Alami Luka-Luka karena Berebut Ribuan Durian Wonosalam Jombang

Ribuan warga berlomba untuk merebutkan durian pada tradisi syukuran petani lereng Gunung Anjasmoro, Jombang pada Minggu 3 Maret 2024. Foto: Medcom/Juni Kriswanto. Ribuan warga berlomba untuk merebutkan durian pada tradisi syukuran petani lereng Gunung Anjasmoro, Jombang pada Minggu 3 Maret 2024. Foto: Medcom/Juni Kriswanto.

Jombang: Ratusan warga yang menghadiri tradisi syukuran petani lereng Gunung Anjasmoro harus dievakuasi ke posko kesehatan usai berebut durian di lapangan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Minggu, 3 Maret 2024. Belasan warga mengalami luka setelah berebut durian hingga dilarikan ke posko kesehatan untuk mendapatkan pengobatan. 

Sebagian dari mereka terlempar buah durian. Sebagian lainnya jatuh terinjak-terinjak.

Tradisi ini rutin digelar tahun untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil panen durian yang melimpah. Tahun ini petani lereng gunung Anjasmoro menghasilkan sekitar 2.024 durian yang dijadikan rebutan warga.

Sebelum acara rebutan durian, ribuan buah khas Wonosalam ini dibawa keliling kampung dengan iringan tarian seni tradisional.

Hal tersebut menjadi sorotan warga dan dihadiri ribuan warga dari berbagai kota di Jawa Timur. Mereka sengaja datang ke Jombang untuk mencicipi langsung durian gratis asal Wonosalam yang dikenal dengan rasa pahit manis.


(SUR)

Berita Terkait