Pemprov Jatim Adakan Pesta Bandeng untuk Menjaga Tradisi

Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono dengan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani memegang ikan bandeng dalam tradisi lelang bandeng di Kabupaten Gresik pada Senin (8/4/2024) malam. (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim) Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono dengan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani memegang ikan bandeng dalam tradisi lelang bandeng di Kabupaten Gresik pada Senin (8/4/2024) malam. (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

Surabaya: Pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjaga tradisi menggelar pesta ikan bandeng hasil nelayan Kabupaten Gresik saat penghujung Bulan Suci Ramadan. Kegiatan ini bentuk upaya pelestarian tradisi.

"Alhamdulillah, ini tradisi Pemprov Jatim yang terus kami jaga, ke depannya saya rasa masyarakat bisa diajak kerja sama biar tambah heboh," ucap Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, dikutip dari Antara, Rabu, 10 April 2024.

Pesta Bandeng ini dihadiri sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jatim. Acara dilakukan usai ibadah qiyamul lail di penghujung malam 29 Ramadan di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Pesta tersebut juga mengadakan lomba masak ikan bandeng yang disantap untuk sahur bersama.

Adhy menjelaskan, ikan bandeng yang digunakan untuk masak merupakan hasil belanja di Pasar Bandeng Gresik yang ada setiap akhir Ramadan. "Lomba masak bandeng menjadi bagian dari pelestarian tradisi lelang bandeng Gresik sekaligus meningkatkan keguyuban antarkepala perangkat daerah," ucapnya.

Peserta yang terdiri dari pejabat Pemprov dan BUMD Jatim diberikan waktu 45 menit untuk mengolah dan menyajikan masakan ikan bandeng. Suasana perlombaan dipenuhi dengan antusiasme dan cekatan dalam mengolah ikan. Selesai mengolah, hasil diberikan kepada juri untuk dinilai berdasarkan cita rasa, sajian, dan kekompakan tim.

"Dengan adanya melestarikan kegiatan seperti ini, kita beraktivitas dan beribadah. Jadi ibadah, aktivitas, serta suasana kekeluargaannya yang menyenangkan juga dapat," ucap Adhy yang juga berperan menjadi salah satu anggota juri.


(SUR)

Berita Terkait