Budi Waseso Lantik Ketua Mabida dan Kwarda Pramuka Jatim

Ka Mabida Adhy Karyono dan Ka Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil saat dikukuhkan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (22/5/2024). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim Ka Mabida Adhy Karyono dan Ka Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil saat dikukuhkan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (22/5/2024). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim

Surabaya: Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, melantik Adhy Karyono sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) 2024-2025 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Pada kesempatan yang sama, Arum Sabil juga dilantik sebagai Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur (Jatim) 2020-2025.

"Gerakan Pramuka memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia dan juga karakter, serta jati diri sebagai bangsa," ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso dikutip dari Antara, Rabu, 22 Mei 2024.

Budi Waseso, yang akrab disapa Buwas, mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim atas alokasi anggaran yang signifikan untuk pembinaan Pramuka di wilayah tersebut.

"Ini luar biasa dan butuh keseriusan untuk mempersiapkan generasi muda sebagai pemimpin Indonesia ke depan," ucap mantan Kabareskrim Mabes Polri tersebut.

Adhy Karyono, Ketua Mabida, menegaskan bahwa peran Pramuka sangat penting bagi kemajuan Jatim, terutama dalam membentuk generasi unggul yang mendukung visi Indonesia Emas 2045.

"Sudah tidak terbantahkan peran Pramuka sebagai stakeholder dan rekan kerja pemerintah sangat membantu pencapaian target pembangunan di Jatim. Juga sudah diakui bahwa Pramuka sebagai wadah strategis mencetak pribadi-pribadi handal, kuat, dan bisa bersaing," katanya.

Menurutnya, ini sejalan dengan pandangan Gubernur Jatim periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa, yang menyatakan bahwa Pramuka adalah gerakan strategis untuk membentuk karakter pemuda yang siap bersaing di masa depan.

"Itulah mengapa Pemprov Jatim senantiasa berupaya agar Pramuka terus berjalan dengan baik, sehingga Pramuka Jatim dapat semakin kuat dan berprestasi," katanya.

Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil, juga mengucapkan terima kasih kepada Budi Waseso atas pengukuhan dan pelantikan pengurus kwarda, yang menjadi motivasi bersama. "Ini memberikan semangat bagi kami untuk memajukan Pramuka Jatim," ujarnya.

"Terima kasih juga kepada Pak Pj Gubernur dan jajaran, sebab berkat peran beliau kita bisa bangun sinergitas membangun Jatim dan menghantarkan ikhtiar untuk mempersiapkan generasi unggul yang akan datang," ujar Arum Sabil.


(SUR)

Berita Terkait