32.906 Kendaraan Diprediksi Akan Tinggalkan Surabaya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 19 April atau H-3 Lebaran. Saat itu sebanyak 32.906 kendaraan per hari akan meninggalkan Kota Surabaya atau 81 persen dari kondisi normal. PT Jasa Marga menyampaikan, pada puncak arus mudi itu, akan ada kenaikan kendaraan yang melalui jalan tol di wilayah Jawa Timur. Salah satu dari ruas jalan tol yang diprediksi berada di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Direktur Utama PT Jasa Marga Surabaya Mojokerto (JSM) Hari Pratama menyampaikan, prediksi peningkatan volume lalu-lintas yang tercatat di Gerbang Tol Warugunung, yang menjadi bagian dari ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

"Sedangkan pada arus balik diprediksi Hari, terjadi pada tanggal 25 April 2023, diprediksi terjadi lonjakan kendaraan sebanyak 47.208 kendaraan per hari atau 150,2 persen, lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal bulan Februari 2023,” katanya, Kamis 6 April 2023.

Pihaknya juga menyatakan kesiapan layanan armada operasional di ruas Jalan Tol Surabaya - Mojokerto, guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik. Beberapa kendaraan seperti mobil derek, mobil patroli, dan ambulans telah disiagakan PT Jasa Marga Surabaya - Mojokerto.

baca juga : Overstay, Eks Pemain Liga 1 Indonesia Dideportasi dari Kediri

"Guna mendukung kelancaran pelayanan operasional pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2023 nanti, Ruas Tol Surabaya - Mojokerto telah menyiapkan 4 kendaraan Mobile Customer Service, 2 Ambulans, 1 unit Rescue, 10 unit Derek, 5 unit Patroli Jalan Raya, 1 unit PAM Satgas, dan 1 unit Kamtib," pungkasnya.

PT Jasa Marga TransJawa Tol (JTT) juga memastikan kesiapan layanan pemeliharaan di wilayah Jawa Timur, seperti memastikan tidak adanya pekerjaan yang mengganggu kelancaran lalu-lintas, kesiapan kendaraan operasional pemeliharaan, kebersihan lajur jalan tol beserta aksesnya, menjaga performa jalan tol dengan menempatkan tim siaga yang sudah terjadwal.

Di sisi lain, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan layanan informasi yang akan disampaikan Jasa Marga. Layanan itu akan diberikan khususnya di gerbang gerbang utama pintu tol, termasuk mengenai kondisi lalu lintas dan kemungkinan adanya rekayasa lalu lintas.

"Kami akan terus memberikan informasi terkait jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol khususnya yang melalui gerbang-gerbang utama, update kondisi lalu-lintas, rekayasa lalu-lintas dan informasi lainnya yang tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat selama periode mudik dan balik Lebaran," tutur Lisye.

PT Jasa Marga Transjawa Tol mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, di antaranya memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan layak jalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, mempersiapkan perbekalan, patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan, serta terus mengupdate informasi lalu-lintas melalui channel resmi Jasa Marga.


(ADI)

Berita Terkait