Peringati HUT TNI Ke-76, Koarmada II Serbu Ponpes Ngalah dengan Vaksin

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Ponpes Ngalah Pasuruan. (metrotv) Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Ponpes Ngalah Pasuruan. (metrotv)
PASURUAN: Bertepatan dengan puncak peringatan HUT TNI Ke-76,  Koarmada II TNI AL bekerjasama dengan TNI-Polri menggelar serbuan vaksinasi di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan, Selasa 5 Oktober 2021.  

Vaksinasi sebanyak 8.000 dosis jenis Sinovac ini menyasar para santri, pelajar serta masyarakat sekitar. Total melibatkan tenaga kesehatan setempat sebanyak 200 orang, nakes TNI AL 38 orang, Nakes TNI AD 10 orang, Nakes TNI AU 10 orang, nakes polri 1 tim (10 orang) dengan menggunakan P Care wilayah, yaitu Dinas Kesehatan Pemkab Pasuruan.
 
Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf didampingi Dansatgas Serbuan Vaksinasi Pasuruan Kolonel Laut (P) Ludfy, serta pejabat dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan hadir langsung meninjau vaksinasi ini.

"Kegiatan Serbuan Vaksinasi ini adalah perintah langsung Panglima TNI melalui Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI dari Sabang hingga Merauke untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19, juga demi cepatnya pemulihan ekonomi nasional, " papar Pangkoarmada II.

BACA: Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT TNI


" TNI AL sendiri dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 telah melaksanakan dan berupaya konsisten untuk terus melaksanakan Program Prioritas Penanggulangan Covid-19. Yakni melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ruang tambahan perawatan baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, dukungan oksigen medis melalui Posko Bantuan Oksigen, serta  sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah konvalesen dan regular. Semua program tersebut dilaksanakan dengan mengerahkan seluruh sumber daya atau sarana prasarana yang dimiliki setiap jajaran TNI AL, " lanjutnya.
 
Pangkoarmada II menambahkan, berkaitan dengan Serbuan Vaksinasi, Koarmada II selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2, kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir, dan perkotaaan.

Mulai  Pulau Sapeken, Pulau Bawean, Kabupaten Lamongan, Bangkalan, kemudian Kota Surabaya dan Malang Raya. Dilanjutkan Kabupaten Tegal,Trenggalek, Kediri, Bangkalan, Sidoarjo dan Gresik.
"Selain itu Koarmada II juga telah berkontribusi memperkuat imunitas tubuh para pekerja pelabuhan dan sektor maritim di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelindo 3, kemudian para pekerja pabrik hingga pekerja media, " ungkapnya.
 
Sementara iuntuk memperlancar proses vaksinasi, Satgas yang dipimpin Kolonel Laut (P) Ludfy, telah menyiapkan alur dan prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin.Diawali dengan Registrasi, sebagai filter awal persyaratan Vaksin.

Kemudian Screening sebagai kegiatan filter lanjutan oleh tenaga kesehatan, berikutnya Vaksinasi, dan terakhir Entry Data.  Yaitu pengisian data warga yang telah di vaksin oleh tim dari Pemkab Pasuruan dan TNI AL yang berlokasi di setiap titik lokasi serbuan vaksin.

 


(TOM)

Berita Terkait