Bebaskan Sandera, Kontingen Garuda Monusco Dapat Penghargaan

Penyematan pin Vira Cakti Yudha oleh Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Andi Muhammad (Foto / Metro TV) Penyematan pin Vira Cakti Yudha oleh Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Andi Muhammad (Foto / Metro TV)
MOJOKERTO : Ratusan prajurit TNI dari Yonif Para Raider 503 Mayangkara Kostrad mendapat penghargaan Vira Cakti Yudha, Rabu 25 Januari 2022. Squad gagah berani Kontingen Garuda (Konga) XXXIX itu berhasil mengemban tugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Monusco Kongo, Afrika. Tak hanya itu, tim juga mampu mengamankan ratusan pucuk senjata dari para milisi.

Pin Vira Cakti Yudha tersebut disematkan oleh Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Andi Muhammad kepada ratusan prajurit di lapangan Mayangkara Yonif Para Raider 503, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Andi menyatakan, penghargaan tersebut diberikan karena saat bertugas sebagai pasukan perdamaian Monusco Kongo Afrika, para prajurit mampu mengemban tugas dengan baik.

Bahkan para prajurit TNI ini menorehkan prestasi besar. Di antaranya mengamankan 147 pucuk senjata apik milik para milisi. Selain itu Kotingen Garuda ini juga mampu membebaskan sandera saat terjadi konflik antar suku di Kongo, dan menurunkan 349 milisi bersenjata.

Baca Juga :

"Dengan pendekatan yang dilakukan oleh kontingen dari Yonif Para Raider 503 ini, para milisi menyerahkan ratusan pucuk senjata api. Bahkan sejumlah sandera juga berhasil dibebaskan," terangnya.

Andi berharap, Yonif Para Raider 503 bisa menjadi contoh batalyon lain dalam bertugas, baik di dalam negeri maupun internasional. "Tidak semua satuan mendapatkan penghargaan ini. Patut menjadi contoh yang lain," pungkas Andi.


(ADI)

Berita Terkait