Globalfirepower : Militer Indonesia Nomor 16 Terkuat di Dunia

Pesawat tempur TNI AU F-16 AM/BM dengan nama program Falcon STAR-eMLU berhasil di upgrade (Foto / Istimewa) Pesawat tempur TNI AU F-16 AM/BM dengan nama program Falcon STAR-eMLU berhasil di upgrade (Foto / Istimewa)
JAKARTA : Militer Indonesia masuk dalam urutan ke-16 militer terkuat dunia pada tahun 2021. TNI yang terdiri atas tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara mengalahkan kekuatan militer dari Israel, Saudi Arabia, Spanyol, Australia dan Kanada.

Peringkat ini dikutip dari situs globalfirepower. Menurut globalfirepower, pemeringkatan itu dilakukan dari 140 negara di seluruh dunia. Sementara 15 peringkat militer terkuat di dunia, nomor satu Amerika Serikat, disusul Rusia, China, India, Jepang, Korea Selatan Prancis, Inggris, Brazil, Pakistan, Turki, Italia, Mesir, Iran dan Jerman.

Pada 2020 lalu, militer Indonesia juga berada di peringkat 16 terkuat di dunia. Begitu juga pada 2019. Sementara pada 2018, militer Indonesia berada di peringkat 15 dan peringkat 14 pada 2017. Pemeringkatan tersebut telah dilakukan sejak tahun 2005 oleh globalfirepower. Formula yang digunakan untuk pemeringkatan berubah dari tahun ke tahun.

Baca  Juga : Sindikat Judi Online Jebol 4 Situs Kementerian dan 490 Lembaga Pendidikan

Situs ini awalnya hanya melacak 25 kekuatan militer global dan hari ini terhitung sudah mencapai 140 negara. Perubahan penggunaan formula untuk pemeringkatan tersebut membuat hanya 25 kekuatan militer dunia teratas yang ditampilkan di daftar. Peringkat Global Firepower menggunakan lebih dari 50 faktor untuk menentukan skor Power Index atau PwrIndx suatu negara.

Kategori yang digunakan untuk menentukan peringkat mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi. Selain itu, formula yang digunakan unik sehingga memungkinkan negara-negara yang lebih kecil dan teknologinya lebih maju untuk bersaing dengan negara-negara yang lebih besar dan kurang berkembang.

 


(ADI)

Berita Terkait