Kejar Tiket PON Aceh, 29 Peselam Jatim Terjun di Babak Kualifikasi

Ketua POSSI Jatim, Mirza Muttaqien/ist Ketua POSSI Jatim, Mirza Muttaqien/ist

SURABAYA: Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur memburu tiket penuh untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Tiket PON akan diperebutkan dalam babak kualifikasi PON di Jakarta, 16-23 Juli mendatang.

Ketua POSSI Jatim, Mirza Muttaqien mengatakan, Jatim akan mengirimkan 29 atlet yang akan memperebutkan 20 kuota maksimal per provinsi di ajang Pra-PON. Total ada 25 nomor perlombaan, terbagi di nomor fin swimming kolam dan fin swimming orientasi bawah air (OBA).

Karena sistem kelolosan berdasar kuota dalam long list, Mirza mengaku, tidak memasang target meraih emas namun meraih catatan terbaik untuk meloloskan.

Adapun sistem kelolosan atlet didasarkan long list. Di mana, untuk nomor kolam akan diambil peringkat 1-5. Sedangkan nomor OBA akan diambil peringkat 1-9 yang lolos ke PON.

BACA: Manfaatkan Pendaftaran Siswa Baru, Maling Gasak Motor Kepala Sekolah dan Guru

"Karena by kuota sehingga tidak target medali tapi yang penting lolos 20, harapan kami 29 lolos semua masuk long list nanti kami akan lakukan promdeg sampai PON baru 20 nama muncul untuk berangkat ke PON," kata Mirza saat ditemui di Surabaya, Kamis 6 Juli 2023.

Nantinya atlet yang lolos ke PON dapat mengikuti empat nomor dengan skema bagi atlet finswimming kolam dapat mengikuti dua nomor kolam, satu nomor laut dan satu estafet. Sedangkan, atlet OBA dapat mengikuti dua nomor laut, satu nomor kolam dan satu estafet.

Dalam Pra-PON nanti, Jatim masih diperkuat sejumlah penyelam senior yang sebelumnya berseragam Pelatnas di ajang SEA Games 2023 Kamboja, ditambah 11 atlet baru yang catatan waktunya sudah mendekati catatan waktu atlet senior.

 


(TOM)

Berita Terkait