21,2 Juta Orang Akan Mudik ke Jatim, Dishub Siapkan 652 Armada Bus dan 99 Gerbong Kereta

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur memprediksi, puncak arus mudik Lebaran terjadi pada Jumat 21 April 2023. Diperkirakan pula, sebanyak 21,2 juta orang akan melakukan perjalanan mudik ke Jatim. Data tersebut berdasarkan kajian Puslitbang Kementerian Perhubungan.

Menyiapkan puncak mudik itu, Dinas Perhubungan Provinsi Jatim telah menyiapkan 652 armada bus di 18 terminal tipe A dan 28 terminal tipe B. Jumlah tersebut sudah termasuk bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP).

"Untuk kereta api sebanyak 99 gerbong, kapal penyeberangan 54 unit dan pesawat sebanyak 133 penerbangan," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Nyono, Rabu 5 April 2023.

Dia menambahkan, selama arus mudik diperkirakan terjadi peningkatan angkutan bus sebanyak 29 persen. Jika Lebaran tahun 2022 jumlah penumpang bus sebanyak 2,2 juta, maka tahun ini diperkirakan 2,8 juta orang. Untuk penumpang kereta api mengalami lonjakan hingga 3,4 juta.

baca juga : Pembobol Minimarket Di Surabaya Ditangkap Polisi

"Untuk penumpang kapal laut diperkirakan 160.000 orang dan pesawat terbang 6.808 orang," ujar Nyono.

Untuk bus Trans Jatim, menurut Nyono saat Lebaran tetap beroperasi. Bahkan akan ada penambahan armada di Gresik. Penambahan ini dilakukan karena masyarakat mengeluh armadanya kurang.

Nanti akan di launching oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada 12 April mendatang. "Kalau sudah ada penambahan nanti waktu jeda bus Trans Jatim dipercepat. Jika biasanya 15 menit nantinya jadi 10 menit," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait