Khofifah Masuk Daftar Perempuan Terpopuler dan Tervokal di Indonesia

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto / Istimewa) Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa masuk daftar perempuan terpopuler di Indonesia. Itu berdasarkan riset Indonesia Indicator sepanjang tahun 2022 yang bertajuk Indonesia Recap 2022. Dari riset tersebut, mayoritas perempuan Terpegah (terpopuler) dan tervokal (berpengaruh) pada tahun 2022 berasal dari pemerintahan, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Pawaransa.

“Khofifah merupakan salah satu fenomena yang cukup menarik. Terbukti pada sepanjang 2022, ia masuk menjadi tokoh yang menyita perhatian media di urutan 19,” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, Sabtu 14 Januari 2023.

Menurut Rustika, Khofifah muncul sebanyak 56.932 pada pemberitaan media dan memberikan 193.671 pernyataan sepanjang 2022. Khofifah berhasil menduduki posisi kedua dari 20 tokoh Perempuan Terpegah dan Tervokal 2022 versi Indonesia Indicator, setelah ketua DPR RI Puan Maharani.

“Posisi Khofifah menjadi sentral pemberitaan, di mana isu yang dilemparkan setiap bulan selalu beragam, menarik, signifikan, setidaknya untuk wilayah Jatim, dan menjadi rujukan berbagai pihak,” ujar Rustika.

baca juga : Diduga Cabuli Santriwati, Pengasuh Ponpes Jember Ditetapkan Tersangka

Sebagai Gubernur, Khofifah cukup aktif melakukan sosialisasi berbagai kebijakannya dan selalu berusaha hadir di tengah masyarakat. Ia juga memiliki sederet pencapaian dan penghargaan pada tahun 2022. Selain itu, lanjut Rustika, Khofifah terbilang cepat dalam merespon berbagai isu yang ada di wilayah Jawa Timur.

“Pemberitaan Khofifah di media cukup positif dan terpotret tenang saat menghadapi berbagai persoalan, seperti ketika menghadapi urusan penggeledahan KPK tahun lalu," kata Rustika.

Posisinya sebagai gubernur sekaligus tokoh NU juga menjaikan Khofifah memiliki kekuatan narasi, hingga banyak pihak menyebutnya sebagai salah satu kandidat capres cawapres. Hal inilah yang membuat namanya semakin banyak diberitakan oleh media.


(ADI)

Berita Terkait