Bekuk Persela, Persija Petik Kemenangan Perdana

Striker Persija Marco Simic (ist) Striker Persija Marco Simic (ist)

BOGOR : Persija Jakarta akhirnya meraih kemenangan pertama di Liga 1 Indonesia musim 2021--2022 usai mengalahkan Persela Lamongan 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat malam,  24 September 2021.

Di tiga laga sebelumnya, Persija selalu bermain imbang. Sebaliknya bagi Persela, hasil ini merupakan kekalahan ketiga dari empat laga yang sudah dijalani.  

Kemenangan Persija berkat gol yang dicetak Marco Simic di menit 20 dan Nico di menit 46. Sementara gol balasan Persela dicetak Ivan Carlos di menit 63.

Sejak awal laga, Persija terus menekan pertahanan Persela. Sejumlah peluang didapat dari bola mati free kick atau sepak pojok. Seperti tendangan bebas Rezaldi yang disundul Marco Simic di menit ke 7. Sayang bola masih bisa ditepis kiper Persela Lamongan Dwi Kusnanto. Menit 14 giliran Rezaldi 'Bule' Hehanusa mendapat peluang. Sayang tendangan bek kiri Persija yang aktif maju ke depan itu ke arah tiang jauh masih melebar.


Persija akhirnya sukses mencetak gol di menit 20 lewat penalti Marco Simic. Penalti diberikan wasit saat backpass ke arah kiper Persela bolanya justru mengarah ke Osvaldo Haay. Upaya Dwi Kus menutup pergerakan Osvaldo Haay berujung pelanggaran. Kartu kuning untuk Dwi. Eksekusi Simic ke sebelah kanan gawang gagal diantsipasi Dwikus meski sudah membaca arah bola. Skor 1-0 untuk Persija.

Tertinggal satu gol, Persela berusaha keluar dari tekanan Persija. Pada menit ke 24 Persela mendapat peluang. Berawal dari bola mati di sisi kiri pertahanan Persija, sayang upaya Zainuri menendang bola masih luput meski ia lolos dari pengawalan Marco Motta.

Menit ke 26, Bule yang mendapat bola liar dari halauan bek Persela akibat tendangan sudut Marco Motta, tendangan voli kaki kirinya masih melambung tipis di atas mistar. Praktis, sepanjang laga babak pertama, duet lini tengah Persija Rohit Chand dan Toni Sucipto lebih menguasai pertandingan.

Di ujung laga, Persela sebenarmya nyaris menyamakan kedudukan. Ivan Carlos yang sukses menerima umpan di dekat kotak penalti sukses menyodorkan bola ke Akbar. Sayang hanya sepersekian detik Akbar gagal menyepak bola dengan sempurna. Striker Persela Ibrahim mendapat dua kali kesempatan di menit menit akhir. Sayang upayanya masih gagal. Skor 1-0 pun bertahan hingga jeda.

Pada awal babak kedua,  lewat serangan cepat Persija, umpan silang Marco Motta ke area kotak penalti Persela gagal dihalau sempurna Demerson Bruno Costa. Bola mengarah ke Nico langsung dieksekusi lewat sepakan keras kaki kanannya. Dwikus gagal menghalau bola yang kencang masuk ke gawangnya. Skor 2-0 untuk Persija.

Persela langsung merespons keungulan cepat Persija. Pelanggaran sedikit di luar kotak penalti Persija, nyaris bisa diperkecil kedudukannya oleh Ahmad Bustomi di menit 48. Sayang tendangan bebas gelandang senior tersebut masih membentur mistar gawang Persija.

Menit 56 Persela kembali mencoba peruntungannya lewat freekick di sisi kanan pertahanan Persija. Sayang tendangan bebas Bustomi belum bisa dikonversi jadi gol. Pun begitu juga peluang didapat Ivan Carlos dua menit berselang. Sayang sundulannya belum terarah.

Ivan Carlos akhirnya tidak menyia-nyiakan peluang. Hasil umpan lambung Akbar Hermawan bisa dikonversi menjadi gol lewat sundulan di menit 63.

Saat skor 2-1, Dwikus yang terjatuh akibat benturan di babak 1 akhirnya terpaksa digantikan di menit 65 oleh Ravi. Persija mengikuti dengan pergantian Taufik Hidayat dengan Ramdani Lestaluhu.

Menit 72, Persela yang mendapat sepak pojok tiga kali beruntun masih gagal mengkonversi jadi gol penyama kedudukan. Kurang tenang masih menjadi kendala bagi pemain Persela.

Sundulan Demerson masih terhalang mistar gawang menit 78. Skor masih 2-1 untuk keunggulan Persija. Persela kembali mendapat peluang menyamakan kedudukan lewat Malik di menit 87. Sepakan keras dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau Adixi.

Persija langsung merespons lewat kerja sama Simic dan Dwiki. Sayang masih gagal. Di sisa waktu tak ada lagi gol diciptakan kedua tim. Menang perdana bagi Persija membawa klub ibu kota itu naik ke papan tengah dengan raihan poin 6. Di tiga lawa awal Liga 1, Persija selalu bermain imbang atas PSS, PSIS dan Persipura.

Susunan pemain:
Persija Jakarta (4-3-3): Adixi Lenzivio; Marco Motta, Otavio Dutra, Maman Abdurahman, Rezaldi Hehanussa (Dwiki Arya 85); Alfriyanto Nico Saputra (Muhammad Ferarri 85), Rohit Chand, Tony Sucipto; Osvaldo Haay (Fahmi menit 58), Marko Simic, Taufik Hidayat (Ramdani Lestaluhu 65). Pelatih: Angelo Alessio

Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto (Ravi 65); Birrul Walidain, Demerson Bruno Costa, Mochammad Zaenuri, Nasir; Gian Zola (Iman Budi 87), Akbar Hermawan, Ahmad Bustomi (Revan Honi Nurianto 87) ; Malik Risaldi, Ivan Carlos, Ibrahim Musa Kosepa (Risqi Putra Utomo 78). Pelatih: Iwan Setiawan

 


(TOM)

Berita Terkait