Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Presiden Joko Widodo (Jokowi)

JAKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Oktober 2021.

Dalam sambutanya, Jokowi mengapresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi TNI dalam menjaga kedaulatan bangsa.  TNI dinilai telah menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa dan menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Serta, melindungi Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Upacara HUT TNI digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Seluruh tamu undangan dan petugas upacara diwajibkan menggunakan masker serta menjaga jarak.

"Atas nama rakyat bangsa dan negara, saya sampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia," ujar Jokowi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo hadir dalam upacara HUT tersebut. Bertindak selaku komandan upacara adalah Kolonel Inf Tujung Setyabudi. Sedangkan perwira upacara, yakni Brigjen Novi Helmy Prasetya.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan istri, Wuri Esti Handayani Ma'ruf Amin juga mengikuti upacara tersebut. Selain itu, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Setelah upacara, Presiden berbincang-bincang secara virtual dengan prajurit TNI yang berada di luar negari dan dalam negeri. Presiden juga akan menyapa prajurit TNI yang berada di wilayah perbatasan.

 


(TOM)

Berita Terkait