Menko PMK Muhadjir Effendy Resmi Jabat Plt Menpora

Zainudin Amali (kiri) menyerahkan jabatan sebagai Menpora kepada Muhadjir Effendy. (Foto: bagus/kemenpora.go.id) Zainudin Amali (kiri) menyerahkan jabatan sebagai Menpora kepada Muhadjir Effendy. (Foto: bagus/kemenpora.go.id)

JAKARTA: Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, resmi menerima tugas tambahan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Serah terima jabatan (sertijab) yang dilakukan oleh Menpora sebelumnya, Zainudin Amali di Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis 16 Maret 2023.

Amali yang datang membawa istri dan putrinya menyatakan bahwa Muhadjir merupakan seniornya dalam dunia organisasi. Kemudian, dia yakin tugas sebagai Plt Menpora bisa dijalankan dengan baik karena Muhadjir berpengalaman sebagai pemimpin, termasuk pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2016-2019).

"Saya memang nasibnya melakukan sertijab dengan Plt karena saya sebelumnya menerima jabatan ini (Menpora) lewat menjadi Plt terlebih dahulu. Saya berterima kasih kepada senior Muhadjir Effendy yang menerima jabatan sebagai Plt ini," kata Amali dalam acara sertijab

BACA: Menteri Desa PDTT Puji Bumdes Kedungturi

"Memimpin Kemenpora ada enak dan kurang enaknya. Tapi, tugas ini bukanlah apa-apa karena Prof Muhadjir pernah memimpin Kementerian Pendidikan," tambahnya.       

Sementara itu, Muhadjir turut mengapresiasi berbagai prestasi yang telah dicapai Zainudin Amali selama menjabat sebagai Menpora, termasuk membuat Kemenpora meraih tiga kali status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Oleh dasar itu, Muhadjir juga mengaku turut terbantu dengan tugas baru sebagai Plt Menpora.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Zainudin Amali yang telah mengemban tugas sebagai Menpora dengan penuh pengabdian, penuh prestasi, dan penuh tanggung jawab selama memimpin Kemenpora," ujar Muhadjir.  

"Saya selaku Menko yang salah satunya mengkoordinasikan fungsi dan tugas dari Kemenpora, saya menyaksikan betapa luar biasa prestasi yang telah diukir Bapak Zainudin Amali. Tugas saya sekarang memastikan proses transisi dari beliau ke menteri yang definitif berjalan dengan baik," sambungnya.

Sekadar informasi, Amali menjabat sebagai Menpora selama 3 tahun, 4 bulan, 21 hari sejak 2019 silam. Dia memutuskan mundur sebagai Menpora karena ingin fokus menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Kemudian, keputusan Muhadjir sebagai Plt Menpora berasal dari penunjukkan langsung Presiden Joko Widodo.

 


(TOM)

Berita Terkait