Mencicipi Kuliner Ekstrem Kuah Tawon di Banyuwangi, Berani Coba?

Kuliner kuah tawon di tengah sawah. Foto: Medcom.id/Dok. Metro TV Kuliner kuah tawon di tengah sawah. Foto: Medcom.id/Dok. Metro TV

Banyuwangi: Tawon vespa merupakan salah satu hewan berbahaya yang memiliki racun. Namun, warung Sekancil yang berada di Desa Kelancing, Banyuwangi, Jawa Timur, justru mengolah serangga ini menjadi sajian kuliner yang dinikmati banyak warga.

Makanan ini berbahan dasar tawon vespa yang masih berbentuk larva dan dipadukan dengan beraneka bumbu dapur. Seperti bawang merah, cabai, garam, dan gula.

Dalam proses pembuatannya, bumbu bawang merah dan cabai digoreng sebentar kemudian dihaluskan. Sebelum dicampur ke dalam bumbu halus, ulat tawon vespa ditumis terlebih dahulu kemudian diberi air sehingga menjadi kuah.

Selain kuah tawon dan botok tawon, aneka masakan tawon ini cukup digemari warga Banyuwangi. Warga meyakini makanan ini bisa menambah vitalitas tubuh.

Baca: Mencicip Sego Langgi, Kuliner Kental Sejarah di Pantura Lamongan

Salah satu pengunjung, Arif, rela datang ke Desa Kelancing hanya untuk menikmati kuliner ini. “Saya ini pecinta makanan ekstrem. Ini juga dapat meningkatkan stamina,” kata Arif dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 30 Maret 2022.

Pemilik warung Sekancil, Halim Kudori, mengatakan menu andalan ini diolah menggunakan bahan baku yang langka. Untuk memperoleh tawon vespa, pemilik mendapatkan pasokan dari warga desa sekitar.

Dibanderol dengan harga Rp20 ribu per porsi, pengunjung bisa mendapatkan cita rasa kuah tawon lengkap dengan nasi putih dan lauk lainnya. Pengunjung juga akan ditemani dengan pemandangan indah karena tempat ini berada di tengah sawah.


(UWA)

Berita Terkait