10 Minuman Teraneh di Dunia, Campur Jari Kaki Manusia hingga Air Mata Tuna

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Seperti halnya dengan berbagai jenis makanan, minuman dari berbagai belahan dunia juga memiliki banyak variasi yang menarik. Bahkan, berkat kreativitas para pembuat minuman yang ingin menciptakan minuman yang unik dan langka, muncullah menu minuman paling aneh di dunia. Berikut 10 minuman teraneh di dunia, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sinchicara - Ekuador

Sinchicara adalah minuman beralkohol hasil perpaduan tebu dengan tumbuhan spesial yang hanya ditemukan di hutan hujan tropis. Minuman ini populer di kalangan masyarakat hutan Amazon dan dipercaya dapat meredakan radang sendi serta meningkatkan libido.

2. Soju dengan Campuran Air Mata Tuna - Korea Selatan

Di Korea Selatan, terdapat minuman unik yang disebut soju air mata tuna. Minuman ini populer di kalangan masyarakat Korea dan terbuat dari campuran air mata tuna, memberikan tekstur yang kental seperti jelly saat diminum.

3. Bir Jawawut Tongba - Nepal

Orang Nepal membuat minuman beralkohol yang disebut tongba dengan fermentasi jawawut, sebuah tumbuhan serealia yang dulunya menjadi makanan pokok di Asia Tenggara dan Asia Timur. Minuman tongba disajikan dengan menuangkan air panas pada jawawut yang telah difermentasi, kemudian diamkan hingga bercampur dengan sedotan.

baca juga : Awal Mula Burger Diciptakan, Ternyata dari Pedagang yang Kehabisan Sosis

4. Boza - Bulgaria

Boza adalah minuman yang terlihat seperti susu, tetapi terbuat dari tepung yang difermentasi. Minuman ini aman untuk dikonsumsi oleh semua usia karena mengandung prebiotik yang baik untuk pencernaan. Boza memiliki kandungan alkohol yang rendah dan bahkan disarankan untuk ibu hamil dan anak-anak. Di Bulgaria, boza dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.

5. Mamajuana - Republik Dominika

Mamajuana merupakan minuman khas Republik Dominika, tetapi juga dapat disajikan di rumah dengan racikan yang berbeda-beda. Minuman ini terbuat dari campuran madu, anggur merah, dan rum yang direndam dengan rempah-rempah dan kulit pohon. Mamajuana digunakan sebagai obat demam, afrodisiak, serta untuk mengatasi masalah pencernaan dan flu. Minuman ini sering menjadi menu favorit di tempat makan dan restoran di Republik Dominika.

6. Dawson - Kanada

Salah satu minuman paling aneh di dunia adalah dawson. Minuman ini dibuat dengan mencampur requila atau alkohol Yukon jack dengan jari kaki manusia yang telah diawetkan. Meskipun terdengar menjijikan, dawson menjadi favorit di beberapa tempat. Asal-usul minuman dawson berasal dari sebuah legenda yang melibatkan Louie Liken, seorang pembuat rum.

Menurut cerita tersebut, Louie Liken kehilangan jari kakinya saat merasa kedinginan di tengah salju. Kakaknya kemudian memotong jarinya dan menaruhnya dalam toples. Setelah bertahun-tahun berlalu, Liken menemukan jarinya dan menyajikannya kepada tamu yang cukup berani.

baca juga : Coffee Shop Ini Sajikan Menu Kopi Campur ASI, Lho?

Minuman dawson diminum dengan cara unik, di mana setiap orang bisa meminumnya sambil menjepit jari kakinya dengan bibir. Karena alasan tersebut, minuman tersebut kurang diminati oleh banyak orang, dan hanya disajikan sekali dalam setahun.

7. Kava - Fiji

Minuman kava selalu hadir dalam upacara tradisional Fiji. Minuman ini terkenal karena memiliki efek sedatif dan menenangkan. Beberapa bahkan mengatakan bahwa minuman kava bisa memberikan rasa kebahagiaan. Minuman ini terbuat dari piper mesthysticum, sejenis tanaman khas Kepulauan Pasifik. Akar tanaman tersebut digunakan dalam cara tradisional untuk membuat minuman ini. Hal ini menjadikannya unik.

8. Wine Kalajengking dan Ular

Wine pada dasarnya adalah minuman yang terbuat dari anggur atau buah lain yang difermentasi. Namun, di China, Thailand, dan Vietnam, Anda bisa menemukan wine yang dicampur dengan kalajengking dan ular. Setelah melalui proses fermentasi, wine tersebut kemudian dihidangkan dalam botol khusus yang berisi kalajengking dan ular di dalamnya.

9. Minuman dari Urin Sapi

Salah satu minuman paling aneh di dunia adalah minuman urin sapi. Di India, hewan sapi dianggap suci, dan umat Hindu menggunakan urin sapi sebagai minuman instan. Minuman ini biasanya diminum dalam acara-acara khusus, dan dipercaya memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai penyakit.

baca juga : Menilik Sejarah Asal Usul Jamu, Ternyata Sudah Ada sejak Kerajaan Mataram

10. Teh dari Kotoran Panda

Minuman lain yang dianggap aneh adalah teh yang berasal dari kotoran panda. Seorang profesor bernama An Yanshi dari Universitas Sichuan, China, melakukan penelitian dan menemukan bahwa panda mampu menyerap 30% nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi, sedangkan sisanya tetap dalam kotorannya. Berdasarkan penemuan tersebut, profesor An Yanshi mengembangkan inovasi minuman teh yang terbuat dari kotoran panda.

Seperti halnya kopi luwak di Indonesia, kotoran panda ini dapat diekstrak menjadi teh yang enak. Teh yang berasal dari kotoran panda ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, bahkan mencapai Rp308 juta.

 


(ADI)

Berita Terkait