Semeru Kembali Muntahkan Awan Panas, Khofifah: Mohon Semua Waspada!

APG Semeru/ Sumber: Instagram @khofifah.ip APG Semeru/ Sumber: Instagram @khofifah.ip

CLICKS:  Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Kamis, 15 Desember dini hari. Kali ini gunung tertinggi di Pulau Jawa itu memuntahkan APG ke arah Desa Curah Kobokan, Lumajang, Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, mengimbau warganya untuk tetap waspada dan bersabar. "Saudaraku, jam 03.57 WIB pagi tadi masih ada guguran awan panas dari gunung Semeru. Mohon semua waspada dan sabar," kata Khofifah dikutip dari unggahan akun Instagramnya @khofifah.ip, Kamis, 16 Desember 2021.

Ia juga meminta agar warga tidak memasuki wilayah yang sedang terdampak. Wilayah terdampak hanya boleh diakses oleh tim pencarian dan pertolongan gabungan.

Baca juga: Jember Diguncang Gempa Magnitudo 5,0

"Tetap ikuti arahan pemerintah dan tim di lapangan. Mohon tetap tenang dan jangan panik," tuturnya.

Diketahui, tim pencarian dan pertolongan gabungan menemukan dua orang korban awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, dalam kondisi meninggal. Dengan penemuan itu, maka korban jiwa menjadi 48 orang, per Senin, 13 Desember 2021.

Sementara itu, data jumlah korban kumulatif yang dilakukan rawat jalan di puskesmas dan posko kesehatan berjumlah 2.004 jiwa.

 

 


(NAI)

Berita Terkait