Imbas BBM Naik, Tiket Express Bahari Bawean-Gresik Disubsidi

Kapal Express Bahari saat menaikkan penumpang (Foto / Medcom.id) Kapal Express Bahari saat menaikkan penumpang (Foto / Medcom.id)

GRESIK : Tiket kapal cepat Express Bahari tujuan Bawean - Gresik disubsidi. Hanya saja, pemberian subsidi itu hanya berlaku untuk penumpang eksekutif saja. Selain itu, ada syarat yang harus dipenuhi yakni warga Gresik dibuktikan dengan fotocopy KTP.

Subsidi yang diberikan sebesar Rp25 ribu. Jadi harga tiket yang semula Rp200 ribu, menjadi Rp175 ribu. Sedangkan untuk kelas VIP tidak berlaku subsidi, harganya justru naik dari Rp 210 ribu menjadi Rp250 ribu.

Kasi Angkutan Lainnya Dishub Gresik M Arifin mengatakan, kuota subsidi tiket ini hanya berlaku hingga akhir tahun 2022. Sebab, subsidi ini berasal dari anggaran P-APBD 2022. “Kami rencanakan kedepan subsidi terus dilakukan pada tahun 2023,” katanya.

Kepala Cabang Express Bahari Gresik Revan Syah Putra menjelaskan, penerapan subsidi bagi calon penumpang dilakukan saat hendak berangkat ke kapal.

“Jadi ketika ada calon penumpang pesan online via aplikasi, harga sudah berubah Rp 200 ribu untuk kelas eksekutif, Rp 250 kelas VIP. nantinya, ketika sudah terbayar, calon penumpang akan diberikan subsidi Rp 25 ribu. Dengan membawa fotocopy KTP di loket tiket kapal area pelabuhan,” ungkapnya.

baca juga : Spesialis Pencuri Diesel Pompa Air di Kediri Dibekuk

Begitu juga bagi calon penumpang berbayar offline ujar dia, saat membeli tiket di loket area pelabuhan. Calon penumpang yang sudah membawa persyaratan subsidi, cukup membayar Rp 175 untuk kelas eksekutif.  “Harga sudah termasuk biaya pas boarding pelabuhan dan retrubusi daerah,” jelasnya.

Diakuinya, sejak pandemi Covid-19, calon penumpang berlayar dua kapal Express Bahari 8E dan 6F menurun. Rata-rata setiap penyebrangan dari Gresik maupun Bawean ada sekitar 150 sampai 170 penumpang.  “Paling banyak 200-300 penumpang, itu pun ada momentum. Seperti liburan santri, Maulid Nabi, Hari Raya, dan hari libur nasional,” ujarnya.

"Kami berharap dengan kebijakan subsidi ini penumpang bisa kembali ramai,” pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait