Wisata Pantai Bletok Situbondo Terpilih dalam Festival Dewi Cemara

Objek wisata Pantai Bletok, di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur (Jatim). ANTARA/HO-Kecamatan Bungatan Situbondo Objek wisata Pantai Bletok, di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur (Jatim). ANTARA/HO-Kecamatan Bungatan Situbondo

Situbondo: Pantai Bletok di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terpilih dalam ajang Festival Desa Wisata Cerdas Mandiri (Festival Dewi Cemara) Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2024.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Situbondo, Puguh Wardoyo, menyatakan rasa syukur atas terpilihnya Pantai Bletok, yang dikelola oleh Pemerintah Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, untuk mewakili Situbondo di ajang tersebut.

"Oleh karena itu pemerintah daerah telah memberikan dukungan dengan menggelar lokakarya yang dihadiri kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam upaya bagaimana pengelola wisata desa mempromosikan potensi wisata di wilayahnya," ujar Puguh dikutip dari Antara, Jumat, 2 Juli 2024.

Puguh mendorong pengelola wisata desa untuk memanfaatkan aplikasi media sosial dalam mempromosikan destinasi wisata mereka, karena sekitar 70 persen wisatawan mengetahui tujuan wisata melalui media sosial.

Lokakarya yang digelar di Pantai Bletok beberapa waktu lalu bertujuan untuk mengatasi perubahan perilaku wisatawan yang cenderung mencari dan menyebar informasi melalui media sosial.

"Perkembangan teknologi informasi sebagian besar masyarakat memanfaatkan gawai untuk mengakses informasi pariwisata yang akan dikunjungi hingga kuliner dan tempat penginapan di sekitar destinasi," jelas Puguh.

Menurutnya, media sosial telah mengubah pola hidup masyarakat, termasuk dalam perjalanan wisata.

Puguh berkomitmen untuk terus mendukung pengelola pariwisata di Kabupaten Situbondo agar memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan destinasi wisata dan menciptakan spot-spot foto menarik.

"Perlu kami sampaikan bahwa digital tourism tidak hanya sekadar mengenalkan tapi bagaimana juga menyebar keindahan pariwisata secara luas untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," tambahnya.

Pantai Bletok terletak di Jalur Pantura Kecamatan Bungatan, beberapa kilometer dari Wisata Bahari Pasir Putih.

 


(SUR)

Berita Terkait