KPU Trenggalek Coret 3.000 Pemilih di Pemilu 2024

Rapat pleno  KPU Trenggelek/metrotv Rapat pleno KPU Trenggelek/metrotv

TRENGGALEK: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek, Jawa Timur  mencoret sekitar 3 ribu pemilih pada pemilu 2024.  Pencoretan dilakukan akibat migrasi penduduk hingga adanya data ganda.

Komisioner KPU Trenggalek, Mohammad Indra Setiawan  mengatakan,  dalam rapat pleno  KPU menetapkan jumlah DPT pemilu 2024 sebanyak 587.666 jiwa. Jumlah ini  turun dibandingkan data DP4 Kemendagri sebanyak 589.000  jiwa.

"Penurunan ini terjadi setelah KPU melakukan proses validasi data pemilih. Dalam tahap tersebut, KPU melakukan pencoretan hampir tiga ribu pemilih, " ujarnya.  

BACA: 2 Bacaleg Ganda Ditemukan di Sumenep, Ada 42 Dokumen Mencurigakan!

Dijelaskan Indra, pencoretan dilakukan karena pemilih yang bersangkutan telah pindah ke luar kota maupun luar negeri. Selain itu juga terdapat warga yang telah meninggal dunia, hingga temuan data ganda.

"Saat ini seluruh problem telah diselesaikan dan ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT), " tandasnya.   

KPU mengakui kondisi riil pemilih dipastikan akan berubah secara dinamis. Namun KPU belum bisa memastikan apakah akan dilakukan perubahan DPT. KPU Trenggalek masih akan menunggu kebijakan KPU pusat.  

Sementara itu, pada pemilu 2024 mendatang, KPU akan menyelenggarakan proses pemungutan suara di 2321 TPS.  Dua TPS akan ditempatkan di Rutan Trenggalek.

 


(TOM)

Berita Terkait