2 Bacaleg Ganda Ditemukan di Sumenep, Ada 42 Dokumen Mencurigakan!

Ilustrasi Ilustrasi

SUMENEP: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumenep, Jawa Timur mendapatkan sejumlah temuan dalam tahap verifikasi dokumen bakal calaon legislatif (Bacaleg) dan partai yang akan berkontestasi dalam Pemilu 2024. Salah satunya, terdapat dua bacaleg yang  mendaftar di dua partai sekaligus alias ganda.

Dua bacaleg mendaftar ganda itu adalah Rahmawati, yang namanya tercantum di dua partai yairu  PKB dan PDIP. Satu lagi  bacaleg mendaftar di Partai Nasdem dan Partai Gelora.

 "Ada 2 bacaleg yang terdaftar di dua partai, kami  sudah berkoordinasi dengan bacaleg dan empat partai yang terkait untuk memperbaiki berkas.  Mengingat regulasinya satu Bacaleg hanya diperbolehkan mendaftar di satu partai dan satu Dapil, " ujar Komisioner KPUD Sumenep, Decky Prasetya Utama.  

BACA: Duh, KPU Jombang Temukan 165 Pemilih Siluman

Selain mendapatkan bacaleg ganda. KPU Sumenep juga menemukan sebanyak 42 dokumen administrasi persyaratan Bacaleg yang dinilai mencurigakan. Salah satunya terkait legalisir foto copy ijazah, SKCK, surat keterangan kesehatan dan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh pengadilan.

"Saat ini kata dia kpu tengah melakukan klarifikasi ke sejumlah lembaga yang mengeluarkan dokumen. Itu untuk memastikan keabsahan dokumen bacaleg, " ujarnya.  

Selain verifikasi terhadap dokumen persyaratan yang diunggah dalam silon (sistem informasi pencalonan), tim KPU Sumenep juga jemput bola mendatangi langsung instansi terkait atau lembaga yang memiliki otoritas memberikan keterangan termasuk legalisir ijazah.

 


(TOM)

Berita Terkait