PKB Berkoalisi Dengan PKS di Pilkada Jatim 2024

Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. ANTARA/Ilustrator-Febrian Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. ANTARA/Ilustrator-Febrian

Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda, menyatakan partainya telah sepakat berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2024. Pengumuman resmi mengenai kesepakatan ini akan dilakukan dalam beberapa pekan ke depan.

"Teman-teman PKS bersepakat untuk bangun koalisi, namun komunikasi dengan PKB, kita lihat mungkin seminggu, dua minggu, ini," kata Huda dikutip dari Antara, Selasa, 21 Mei 2024.

Huda juga mengungkapkan bahwa PKB telah menyiapkan mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, sebagai salah satu kandidat untuk Pilkada Jawa Timur 2024.

"Untuk calon kita ada Kiai Marzuki Mustamar, termasuk kalau (calon kandidat) perempuan kami juga sedang siapkan," tambahnya.

Jika PKB dan PKS berkoalisi, calon yang diusung akan bersaing dengan pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, yang akan maju kembali pada Pilkada Jawa Timur 2024.

Sebelumnya, pada Jumat (17/5), Partai Golkar secara resmi mengusung mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, untuk Pilkada Jawa Timur 2024.

"Tadi dalam pertemuan silaturahmi sekaligus dari badan pemenangan dari kemenangan Pemilu Partai Golkar, kami sudah mengeluarkan surat keputusan untuk mengusung Khofifah dan Emil sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur," tutur Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dikutip dari Antara, Selasa, 21 Mei 2024.


(SUR)

Berita Terkait