Panglima dan Kapolri Tinjau Arus Mudik Lebaran di Terminal Bungurasih

Kapolri dan Panglima TNI diampingi Gubernur serta Kapolda Jatim saat mengecek pemudik di Terminal Bungurasih (Foto / Istimewa) Kapolri dan Panglima TNI diampingi Gubernur serta Kapolda Jatim saat mengecek pemudik di Terminal Bungurasih (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Arus mudik meningkat 15-20 persen pada H-3 Lebaran. Kondisi ini terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Pernyataan itu disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat meninjau arus mudik di Terminal Purabaya, Bungurasih, Selasa 18 April 2023.

Didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Kapolri juga menegaskan agar arus mudik Lebaran menjadi perhatian serius semua pihak. Sementara dari hasil inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah daerah, khususnya Terminal Purabaya, Listyo menyatakan bahwa layanan TNI/Polri kepada pemudik cukup baik. Layanan itu meliputi kesehatan di terminal hingga persiapan kru bus angkutan Lebaran yang maksimal melalui tes urine.

Menurut Listyo, semua itu dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada pemudik yang menggunakan moda angkutan darat. "Jadi, ada peningkatan penumpang hingga 20 persen dari biasanya. Kami optimistis, mudik Lebaran tahun 2023 ini bisa berjalan lancar, aman dan tertib," katanya.

baca juga : Antre Zakat, Ribuan Tukang Becak Penuhi Rumah Kades Mojokrapak Sejak Sahur

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan, untuk memperlancar layanan mudik Lebaran 2023, pihaknya telah mengeluarkan kekuatan lebih dari 1.400 personel. Mereka disebar di sejumlah titik keramaian di sejumlah daerah. Selain meninjau langsung kondisi arus mudik Lebaran dan layanan mudik, kapolri dan panglima TNI juga memberikan bantuan sembako kepada sejumlah pemudik dan masyarakat di sekitar Terminal Bungurasih.

 


(ADI)

Berita Terkait