HP Penumpang Keluarkan Asap, Lion Air Rute Kupang-Surabaya Tentunda 8 Jam

Ilustrasi Ilustrasi

KUPANG: Pesawat Boeing 737-900ER Nomor Penerbangan JT 693 milik Lion Air dari Bandara El Tari Kupang, NTT, tujuan Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, mengalami penundaan lebih dari delapan jam, pada Minggu, 26 Februari 2023. Penyebabnya, telepon seluler (ponsel) salah satu penumpang berasap.

"Kejadian sekitar pukul 06.15 Wita saat pesawat didorong mundur untuk bersiap menuju landasan pacu. Salah satu penumpang yang duduk di nomor 9D mengaku ponselnya (handphone) mengeluarkan asap, kemudian ponsel tersebut dilempar ke lantai kabin," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, saat dimintai konfirmasi, Minggu, 26 Februari 2023.

Karena ponsel mengeluarkan asap, alarm pendeteksi asap di dalam kabin pesawat pun berbunyi sehingga penumpang membuka jendela darurat. Untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, senior awak kabin segera menghubungi pilot sehingga pilot menghentikan pergerakan pesawat dan kembali ke area parkir.

BACA: Kapolrestabes Surabaya Akhmad Yusep Naik Wakapolda Jatim, Ini Penggantinya!

Seluruh penumpang diturunkan dan kembali ke ruang tunggu bandara. Menurutnya, tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air sedang melakukan proses penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti terjadinya insiden ini.

Saat ini, handphone tersebut dalam tahap pemeriksaan oleh tim ahli untuk menentukan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh regulator penerbangan. Lion Air sebagai maskapai yang berkomitmen terhadap keselamatan penumpang, tidak akan berspekulasi mengenai penyebab terbakarnya handphone di pesawat hingga proses penyelidikan sesuai dengan regulasi.

Humas PT Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang, Devi Handayani, mengatakan, pesawat tersebut telah diberangkatkan pada pukul 14.30 Wita setelah mendapatkan clearence dari engineering dan dinyatakan dalam kondisi normal.

"Pesawat kembali diberangkatkan sebagai JT 697 tujuan Surabaya dan untuk penumpang JT 693 diberangkatkan dengan pesawat pengganti," ujarnya.

Menurut Devi, penumpang yang handponenya berasap tesebut ditunda keberangkatanya sampai Senin besok, 27 Februari 2023.

 


(TOM)

Berita Terkait