Ribuan Warga Berebut Gunungan Durian di Jombang, 3 Pingsan

Tradisi kenduren Wonosalam, Jombang (Foto / Istimewa) Tradisi kenduren Wonosalam, Jombang (Foto / Istimewa)

JOMBANG : Ribuan warga saling dorong dan berdesakan berebut gunungan buah durian saat tradisi kenduren Wonosalam di Kabupaten Jombang, Minggu 5 Maret 2023. Tiga orang pingsan dalam insiden ini dan seorang jatuh dan nyaris terinjak-injak. Mereka saling dorong dan berebut durian khas Wonosalam itu.

Beruntung, laki-laki tersebut segera diselamatkan oleh rekannya. Tradisi kenduren Wonosalam merupakan acara tahunan yang digelar warga wonosalam untuk mengangkat potensi desa mereka sebagai sentra penghasil durian terbesar di Jawa Timur. Sesuai tahunnya, dalam tradisi kali ini, petani menyediakan 2023 buah durian gratis untuk dibagikan kepada warga.

Sebagian durian disusun menjadi sembilan gunungan kecil dari sembilan desa se Kecamatan Wonosalam. Sementara lainnya disusun menjadi gunungan raksasa setinggi delapan meter. Sebelum dibagikan, gunungan kecil diarak dari kantor kecamatan menuju lapangan wonosalam.

Setelah didoakan, gunungan buah durian tersebut diperebutkan beramai-ramai. Selain ada yang terjepit dan nyaris terinjak-injak, tiga orang warga juga terpaksa dilarikan ke tim medis karena jatuh pingsan. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

baca juga : Gerombolan Pesilat di Ngawi Ngamuk, 12 Warga Luka, 8 Motor Dibakar

Warga mengaku senang berebut buah durian meski harus berdesak-desakan. Alasannya, acara tersebut seru dan unik, sehingga sayang jika dilewatkan. "Di jalan banyak yang jual. Tapi di sini beda. Senang saja berebut durian di sini," kata salah seorang warga.

 


(ADI)

Berita Terkait