Terbentur Aturan, Indra Sjafri Bakal Coret 9 Pemain Timnas U-19

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafrie menjawab pertanyaan pewarta di sela-sela memimpin latihan tim di Stadion Madya, Jakarta, Senin (1/7/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI) Pelatih timnas U-19 Indra Sjafrie menjawab pertanyaan pewarta di sela-sela memimpin latihan tim di Stadion Madya, Jakarta, Senin (1/7/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Jakarta: Tim Nasional  (Timnas) Indonesia U-19 yang memiliki 32 pemain yang mengikuti pemusatan latihan setelah tampil di Piala Toulon. Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, berencana mencoret sembilan pemain dari skuadnya yang akan berlaga di Piala AFF U-19 di Surabaya pada pertengahan Juli.

Pemotongan jumlah pemain ini dilakukan karena skuad Piala AFF U-19 hanya bisa diisi oleh 23 pemain. “Kami akan mengurangi dari 32 pemain menjadi 26 pemain dalam minggu ini. dari 26 pemain itu nanti hanya boleh 23 pemain. Jadi kami masih mengurangi tiga pemain,” kata Indra dikutip dari Antara, Selasa, 2 Juli 2024.

Garuda Nusantara menjalani pemusatan latihan di Jakarta hingga 9 Juli 2024.Kemudian, Timnas U-19 berangkat ke Surabaya pada 10 Juli.

Untuk mematangkan persiapan tim menjelang Piala AFF U-19, Indra menjadwalkan dua pertandingan uji coba. Pertandingan pertama melawan Malut United pada 6 Juli dan pertandingan kedua melawan tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Jawa Timur pada 12 Juli.

Beberapa pemain melakukan latihan terpisah pada Senin, 1 Juli 2024. Mereka ialah Ji Da Bin, Rahmat Syawal, dan Rizdjar Nurviat Subagja. Indra mengakui ketiganya mengalami cedera ringan.

“Ya, Ji da Bin ada cedera bahu, terus Syawal masih observasi setelah (cedera) lutut. Dan satu lagi tadi, barusan ada si Ridzfar ya. Jadi tidak ada cedera yang mengkhawatirkan. Kecuali kemarin itu, Syawal memang butuh istirahat tiga bulan,” ucap pelatih yang sukses membawa Indonesia memenangi medali emas SEA Games 2023 itu.

Sebelumnya, timnas U-20 yang terdiri dari beberapa pemain timnas U-19 tampil di Toulon Cup di Prancis pada Juni lalu. Saat itu, mereka kalah 0-3 dari Ukraina, kalah 0-4 dari Panama, dan kalah 1-4 dari Jepang.

Piala AFF U-19 2024 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion 10 November, Surabaya, dari 17 hingga 29 Juli 2024. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Filipina, dan Timor Leste.


(SUR)

Berita Terkait