Pacitan Diguncang Gempa Magnitudo 6,0

Ilustrasi Ilustrasi

PACITAN: Gempa bumi magnitudo 6,0 mengguncang wilayah Pacitan, Jawa Timur. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut getaran gempa terjadi pada pukul 00.04 WIB, Kamis, 8 Juni 2023.
 
Lokasi gempa tepatnya berada di 117 kilometer Barat Daya, Pacitan, Jawa Timur. Meski gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, melalui laman resmi BMKG memberi saran agar warga hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.
 
Guncangan dilaporkan terasa hingga Yogyakarta dengan skala intensitas V Mercalli (MMI). Kemudian, skala III MMI di Semarang, III Jepara, IV Ponorogo, IV Karangkates, IV Kepanjen, III-IV Nganjuk, III Madiun, III Sukorejo, II Demak, dan III Banjarnegara.

Skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Selanjutnya, Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BACA: 5 Daerah Paling Rawan di Pemilu 2024, Jatim Aman?

Sementara, skala IV MMI artinya getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Adapun skala V MMI artinya getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak termakan isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," demikian pesan BMKG.

 


(TOM)

Berita Terkait