Gelar Rakernas, NasDem Ingin Hadirkan Pemilu Tanpa Pembelahan

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas Nasdem, Prananda Surya Paloh/ist Ketua Steering Committee (SC) Rakernas Nasdem, Prananda Surya Paloh/ist

JAKARTA: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 15-17 Juni 2022.

Pembukaan Rakernas itu   akan dihadiri 6.311 peserta yang terdiri dari pengurus DPP Partai NasDem, anggota DPR RI, anggota DPRD, ketua dewan pertimbangan DPW Partai NasDem, jajaran pengurus DPW dan DPD dari seluruh Indonesia, serta organisasi sayap Partai NasDem.

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas, Prananda Surya Paloh mengatakan tema besar dalam Rakernas adalah meneguhkan politik kebangsaan. Karenanya, Partai NasDem ingin menghadirkan politik yang santun tanpa ada gesekan.

"Pemilu merupakan pesta demokrasi, maka, harus bergembira. Tidak dengan ketegangan, tidak politik kebencian, apalagi kemudian pemilu menjadi ajang pembelahan masyarakat. Tentu itu tidak kita inginkan," ujar Prananda di NasDem Tower, Jakarta, Senin (13/6/2022).

BACA: Ramadan Berbagi, Nasdem Banyuwangi Antar Sembako ke Rumah Warga Difabel

Karenanya, Rakernas NasDem akan membuat rekomendasi yang membuat pemilu semakin damai dan aman dengan menghadirkan narasi-narasi yang membangun. Bukan diksi yang justru memecah belah persatuan di masyarakat.

Digelarnya Rakernas, jelas Prananda, bukan hanya untuk kepentingan Partai NasDem semata, tetapi untuk mencari solusi terbaik bagi Indonesia ke depan. Karenanya, sebelum Rakernas, Partai NasDem juga telah menggelar berbagai agenda pra Rakernas.

Salah satunya adalah menggelar sejumlah forum group discussion (FGD) bertemakan kondisi yang tengah dihadapi Indonesia saat ini.

"FGD adalah sebagai sebuah bentuk flatform perjuangan sekaligus tawaran kita untuk pemerintahan ke depan," imbuh Prananda yang juga ketua koordinasi bidang pemenangan pemilu ini.

Lebih jauh, Sekretaris Steering Committee (SC) Rakernas, Willy Aditya menerangkan Rakernas akan merekomendasikan tiga figur calon presiden (capres). Proses penyerapan nama-nama capres
dilakukan secara berjenjang dari DPD ke DPW melalui rapat koordinasi DPW dan DPD.

Dalam Rakernas, seluruh DPW Partai NasDem mengusulkan nama-nama calon presiden ke DPP dengan jumlah minimal 3 nama dan maksimal 5 nama. Nantinya, usulan DPW mengenai nama-nama
calon presiden akan dibacakan pada Rakernas saat sesi laporan DPW di rapat pleno 16 Juni 2022.

Willy yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR ini juga mengakui Rakernas sebagai ajang untuk menjalin komunikasi dan penguatan mesin Partai NasDem menjelang Pemilu 2024.

"Rakernas ini ajang konsolidasi partai, pasca pandemi. Kita melakukan agenda kepartaian sekaligus proses pemenangan di pemilu nanti,” ucapnya.

Willy menegaskan Rakernas tidak hanya sebagai forum untuk membahas agenda strategis kepartaian dan pemenangan pemilu. Tetapi juga momentum untuk melibatkan anak-anak muda dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada.

"Kita juga telah membuat forum diskusi dengan berbagai tema yang sesuai dengan tantangan yang dihadapi bangsa saat ini seperti masalah pangan, energi dan teknologi," terangnya.

Dari berbagai isu yang ada akan dibahas di dalam Rakernas dan dibuat keputusan, kebijakan dan rekomendasi resmi Partai NasDem.

Apel Baret dan Tanam Mangrove Serentak di 7 Provinsi

Lebih detail, Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem, Charles Meikyansah membeberkan bahwa kegiatan Rakernas akan didahului dengan gelaran Apel Baret.

"Apel Baret akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan dilaksanakan di Plaza Barat GBK. Apel diikuti ratusan kader Partai NasDem dan Garda Pemuda NasDem," ungkap Charles
menambahkan.

Charles menambahkan kegiatan Rakernas juga akan diawali dengan acara Garda Pemuda NasDem Peduli Mangrove serentak di 7 Provinsi bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti
Nurbaya Bakar sebagai gerakan dan upaya menjaga kelestarian lingkungan alam Indonesia.

Acara bertajuk “Semangat Restorasi Merawat Bumi” itu berlangsung serentak Senin, (13/6/2022) di Muara Angke, DKI Jakarta, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kota Dumai, Riau, Probolinggo, Jawa Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kendari, Sulawesi Tenggara dan Boltim, Sulawesi Utara.

Selanjutnya juga ada penyerahan mobil operasional kepada 34 DPW di seluruh Indonesia oleh Surya Paloh. Penyerahan mobil ini, kata Charles, sebagai upaya untuk memudahkan pelayanan NasDem
kepada masyarakat.

Rakernas NasDem 2022 ini juga akan dimeriahkan dengan adanya devile catwalk, pameran literasi anti hoax, pameran alat pertanian, pameran UMKM, festival kuliner, pelatihan barista hingga pelatihan podcast.

 


(TOM)

Berita Terkait