Jelang Apel Siaga Pemilu di GBK, NasDem Jatim Bantah Ada Pengerahan Massa

Ilustrasi Ilustrasi

SURABAYA: Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur, Sri Sajekti Sudjunadi menegaskan tidak ada pengerahan massa dalam Apel Siaga Partai NasDem di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), 16 Juli 2023.

"Acara itu adalah acara internal partai yang hanya akan diikuti oleh kader partai. Karena itu, tidak ada pengerahan massa dari luar partai," kata Janet, sapaan akrabnya, Kamis, 6 Juli 2023.
 
Janet mengatakan baru-baru ini beredar kabar di media sosial dan grup Whatsapp bahwa apel siaga itu, akan menjadi apel akbar dengan mengerahkan massa, terutama dari simpul relawan Anies Baswedan.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh simpul relawan, karena acara ini murni untuk kader Partai NasDem," ujarnya.

Janet heran dengan kabar hoaks tersebut. Dia menyatakan pihaknya tidak tahu dari mana sumber berita, terkait ajakan pengerahan massa itu beredar di banyak daerah.

BACA: Ada Lima Nama "Tuhan" Masuk DPT Pemilu 2024 di Jember

Bahkan, dirinya mendapat laporan seperti di Solo banyak terpasang baliho yang mengajak masyarakat untuk ikut berangkat ke Jakarta. Dalam baliho itu terdapat logo partai pendukung dan foto masing-masing ketua umum.

Janet mengaku telah mengklarifikasi masalah tersebut, dengan mengundang seluruh simpul relawan di Jatim bertempat di kantor DPW Partai NasDem Jatim di Jalan Arjuno Surabaya pada Rabu, 5 Juli 2023. Puluhan pengurus simpul relawan memenuhi undangan tersebut.

"Terima kasih sudah memenuhi undangan kami, tetapi kami mohon maaf belum bisa memenuhi keinginan teman-teman relawan untuk mengikuti apel siaga," ucapnya.

Ia menuturkan DPP Partai NasDem sudah membahas masalah pengerahan massa ini dalam rapat pimpinan DPP. Di mana Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, memerintahkan agar segera dilakukan klarifikasi supaya masalah segera bisa diatasi.

Janet menyadari para relawan sangat antusias untuk mengikuti apel siaga ini. Rencananya, para relawan akan datang dari seluruh penjuru Indonesia.

Tetapi, pihaknya meminta maaf karena acara apel siaga ini dipergunakan secara khusus oleh Ketum Surya Paloh untuk mengecek kesiapan kader Partai NasDem menjelang pemilu. Banyak simpul relawan yang sudah mempersiapkan diri untuk berangkat ke Jakarta.

Fendi Sukatmanto, Ketua DPD Jaringan Nasional Relawan (Jarnas) ABW Ponorogo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dua bus untuk berangkat ke Jakarta.

Dari Madura, Korwil Jarnas Madura Raya Jakfar Faruk Abdillah juga sudah bersiap-siap berangkat bersama rombongannya. Setelah mendapat informasi dari DPW NasDem Jatim Jakfar membatalkan rencananya.

Wakil Ketua DPW NasDem Jatim, Warsito, membenarkan kabar adanya baliho ajakan pengerahan massa di berbagai daerah.

"Sebagaimana yang sudah ditegaskan oleh Ketua DPW NasDem Jatim, sebaiknya teman-teman relawan tidak berangkat ke Jakarta," kata Warsito.

 


(TOM)

Berita Terkait