Rekrut Ze Valente, Persebaya Dobrak Tradisi

Ze Valente disambut Aji Santoso di latihan perdananya, hari ini. (Persebaya) Ze Valente disambut Aji Santoso di latihan perdananya, hari ini. (Persebaya)

SURABAYA: Jose Pedro Magalhaes Valente resmi menjadi bagian skuad Persebaya. Pemain yang akrab disapa Ze Valente itu bergabung sudah berlatih bersama Bajol Ijo di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat 6 Januari 2023.  

”Ze bisa latihan pagi ini karena sudah tanda tangan kontrak. Sebenarnya ia sudah di Surabaya beberapa hari terakhir, namun karena ada beberapa detail kecil di kontrak yang harus direvisi, maka ia baru bisa berlatih pagi ini,” ujar Yahya Alkatiri, manajer Persebaya.

Ze akan menempati posisi nomor 10 sebagai playmaker. Ia diharapkan bisa meningkatkan performa Persebaya yang dalam putaran pertama menempati urutan kesepuluh klasemen sementara dengan 22 poin.

Sebelumnya, Valente bermain untuk PSS Sleman. Pelatih Aji Santoso merekomendasikan pemain asal Portugal itu untuk direkrut. Ia yakin Valente akan membuat lini depan Persebaya lebih agresif dan produktif.

BACA: Ditolak Lagi, Arema Gagal Berkandang di Bantul

Valente sendiri senang bisa menuntaskan tanda tangan kontrak dan berlatih bersama Alwi Slamat. Ia mengatakan pernah menghadapi Persebaya di putaran pertama dan memberikan gambaran padanya bagaimana tim ini bermain.

”Saya pikir tidak butuh waktu adaptasi yang lama. Saya suka dengan permainan kolektif dan menyerang milik Persebaya. Kita akan berjuang bersama-sama agar bisa menang dan memperbaiki posisi di klasemen. Fokus kita memenangkan pertandingan ke pertandingan,” imbuh pemain 28 tahun itu.

Ada catatan unik bergabungnya Valente ke Persebaya. Dalam sejarah pemain asing Bajol Ijo, belum pernah ada pemain Portugal. Ze Valente menjadi pemain pertama asal Portugal di tim kebanggaan Kota Pahlawan tersebut.

 


(TOM)

Berita Terkait