Kebakaran Lereng Gunung Arjuno Meluas ke Pasuruan dan Mojokerto

Kebakaran di lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sumber: BNPB via Medcom.id Kebakaran di lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sumber: BNPB via Medcom.id

KABUPATEN MALANG: Bukit Budug Asu, lereng Gunung Arjuno, di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kebakaran. Kebakaran lahan di bukit yang dipenuhi vegetasi semak belukar dan padang savana ini pertama kali muncul pada Sabtu malam, 26 Agustus 2023.

Kebakaran lahan meluas hingga Curah Sriti dan Bukit Lincing yang masuk dalam wilayah administrasi Desa Pasawahan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Bahkan kebakaran hutan itu telah meluas hingga memasuki wilayah Pasuruan dan Mojokerto,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Abdul Muhari, dikutip dari Medcom.id, Senin, 28 Agustus 2023.

Kebakaran cepat meluas karena faktor angin dan jenis vegetasi yang mudah terbakar. Belum diketahui penyebab kebakaran di lereng Gunung Arjuno tersebut. 

Kondisi medan yang terjal menyulitkan tim gabungan untuk melakukan pemadaman api.


(SUR)

Berita Terkait