PT Pertamina Memastikan Truk BBM Terbakar di Tol Ngawi Sudah Ditangani

Kota Surabaya melakukan pembasahan truk tangki yang terbakar di kawasan Dumar Industri, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (12/9/2020). Sekitar 18 kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran diduga berawal dari kebakaran alang-alang yang me Kota Surabaya melakukan pembasahan truk tangki yang terbakar di kawasan Dumar Industri, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (12/9/2020). Sekitar 18 kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran diduga berawal dari kebakaran alang-alang yang me

Ngawi:  Truk tangki BBM bernomor polisi N 9731 UF yang terbakar di ruas tol Ngawi-Kertosono KM 580 Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, sekitar pukul 18.40 WIB, Selasa, 26 Juni 2024. PT Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus memastikan kejadian itu ditangani telah ditangani tim penanggulangan Pertamina dan pemadam kebakaran setempat.

Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus,  Ahad Rahedi, mengatakan truk BBM bernasib nahas itu milik PT Sinar Wahana Surya. Truk terbakar sedang dalam perjalanan untuk mengirimkan BBM.

"Situasi di lokasi sudah dapat dipadamkan, dan nantinya akan dilakukan peninjauan yang akan memberikan informasi yang lebih detail terkait dugaan penyebab percikan api yang kemudian membesar dan membakar mobil tangki tersebut," ujar Ahad dikutip dari Antara, Rabu, 26 Juni 2024.

Pelayanan distribusi BBM dari Fuel Terminal (FT) Madiun dipastikan tidak terganggu akibat insiden tersebut. Pertamina bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ngawi sudah berkoordinasi untuk tindakan penanganan dan pencegahan yang diperlukan.

Dugaan awal mengenai sumber api akan ditelusuri bersama dengan Dinas Damkar. Percikan api terjadi saat truk sedang dalam perjalanan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Estimasi kerugian materiil yang timbul  juga masih dihitung oleh Pertamina.

Kerusakan yang terjadi meliputi satu unit truk tangki berkapasitas 24 KL produk pertalite dan satu tabung APAR (ukuran isi 9 kilogram) yang habis terpakai dalam upaya memadamkan api pada truk tangki yang terbakar tersebut.

"Kami juga secara sigap selalu berupaya untuk memastikan seluruh sarana armada distribusi dalam kondisi sesuai standar yang berlaku guna memastikan pendistribusian dalam kondisi aman dan selamat agar kejadian yang seperti ini tidak terulang," kata Ahad.


(SUR)

Berita Terkait