Pertamina Ciptakan Bengkel Enduro Bersama Lapas Sidoarjo

Peserta pelatihan bengkel Pertamina Enduro Sahabat Lapas di Lapas Klas II A, Sidoarjo, Jawa Timur. ANTARA/HO-Pertamina Peserta pelatihan bengkel Pertamina Enduro Sahabat Lapas di Lapas Klas II A, Sidoarjo, Jawa Timur. ANTARA/HO-Pertamina
Sidoarjo: Pertamina bersinergi dengan Lapas Kelas IIA Sidoarjo untuk membentuk bengkel "enduro" bagi narapidana. Langkah tersebut dilakukan sebagai bagian upaya inovatif program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat.

Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus  menyampaikan Program Pertamina Enduro Sahabat Lapas adalah hasil kerjasama antara PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus dan PT Pertamina Lubricants dengan melibatkan Lapas Kelas IIA Sidoarjo.

'Program ini dilaksanakan dalam upaya Pertamina untuk terus mendorong kemandirian masyarakat melalui program entrepreneurship di bidang perbengkelan," ucap  Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya, dikutip dari Antaranews.com pada Jumat, 8 Desember 2023.

Ariestya menekankan program ini fokus dalam meningkatkan kapasitas  perbengkelan pada Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Harapannya, program ini dapat mendorong kemandirian masyarakat dalam kewirausahaan di bidang perbengkelan

"Program ini merupakan yang pertama kali di wilayah ini, yakni Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. Program ini nanti diharapkan bisa membekali kawan-kawan sahabat Lapas yang ada di sini sebelum nanti kembali bergabung ke masyarakat," kata Dwi.

Bengkel Enduro dilengkapi dengan peralatan mekanik dan produk pelumas Pertamina. Bengkel tersebut didirikan di area parkir Lapas Kelas IIA Sidoarjo. Sehingga, dapat dilihat langsung oleh masyarakat.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIA, Prayogo Mubarak, menyampaikan rasa terima kasih kepada perusahaan yang berinisiatif untuk memperhatikan warga binaan. Ia berharap program tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan bekal untuk para narapidana.

Salah satu narapidana MK yang menjadi mekanik dalam program ini menyatakan bahwa program ini membuat masa tahanannya lebih bermanfaat.

"Mudah-mudahan program ini bisa membantu saya saat sudah kembali nantinya ke masyarakat dan keluarga saya. Kemarin kami sudah diberikan pelatihan. Sekarang saya sudah bisa ganti oli, ganti kampas kopling,“ katanya.

Area Manager Comm Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi, menekankan bahwa pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) dengan semangat Energizing Community.

Ahad berharap pelaksanaan Program Pertamina Enduro Sahabat Lapas akan menciptakan kesempatan kedua bagi narapidana. Selain itu, program tersebut dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan motivasi yang tinggi di industri otomotif, terutama di perbengkelan.


(SUR)

Berita Terkait