Pertamina Sebut Proliga 2024 Malang Picu Peningkatan Ekonomi Setempat

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Aji Anom Purwasakti (kedua kanan) dan Ketua Panitia Pelaksana Proliga 2024 Seri Malang Puspa Dewi Shinta Rukmi (kedua kiri) berfoto bersama dalam sesi jumpa pers Proliga 2024, di Kota Malang, Jawa T Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Aji Anom Purwasakti (kedua kanan) dan Ketua Panitia Pelaksana Proliga 2024 Seri Malang Puspa Dewi Shinta Rukmi (kedua kiri) berfoto bersama dalam sesi jumpa pers Proliga 2024, di Kota Malang, Jawa T

Malang: PT Pertamina (Persero) menyatakan bahwa Proliga 2024 seri ketiga putaran kedua di Kota Malang, Jawa Timur, yang berlangsung pada 13-16 Juni 2024. Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian setempat, terutama bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Aji Anom Purwasakti, melihat acara ini tidak hanya bermanfaat dari segi olahraga. Banyak efek turunan yang dirasakan warga. 

"Hadirnya Proliga 2024 di Kota Malang sejatinya tidak hanya menguntungkan dari sisi olahraga, melainkan turut mengerek ekonomi sekitar," kata Aji dikutip dari Antara, Kamis, 13 Juni 2024.

Aji menjelaskan, pelaksanaan Proliga 2024 di Gelanggang Olahraga (GOR) Ken Arok Kota Malang diperkirakan akan menarik ribuan penonton, yang diharapkan akan memberikan dampak positif langsung bagi pelaku UMKM setempat.

Menurutnya, pelaksanaan Proliga seri ketiga putaran kedua di Kota Malang memiliki potensi besar karena wilayah tersebut memiliki basis penggemar bola voli yang cukup besar.

"GOR Ken Arok diprediksi akan dipadati penonton yang secara langsung turut memberikan dampak bagi pelaku usaha di sekitar, termasuk UMKM. Kota Malang mempunyai basis peminat bola voli cukup tinggi," ujarnya.

Ia menambahkan, dampak ekonomi dari pelaksanaan Proliga 2024 seri Malang bukan hanya terbatas pada sektor UMKM. Sektor perhotelan, rumah makan, dan lainnya juga akan merasakan manfaat dari acara ini.

"Momentum ini akan menjadi trigger perekonomian masyarakat Malang. Hotel, rumah makan, sampai dengan pelaku UMKM banyak yang menjadi lebih ramai. Karena penonton tidak hanya dari Malang saja, tetapi juga dari kabupaten kota lain," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Proliga 2024 Seri Malang, Puspa Dewi Shinta Rukmi, mengatakan pihaknya menyiapkan sekitar 3.700 tiket per hari. Untuk tiket pada Kamis (13/6), sudah terjual habis.

"Tiket tersebut terdiri dari 3.500 tiket reguler dan 200 VIP," katanya.

Ia menambahkan, untuk mendukung UMKM setempat, pihaknya menyiapkan sejumlah booth makanan minuman, termasuk produk UMKM lainnya.

"Pertamina juga menyediakan booth-booth menarik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," tambahnya.

Pada Proliga 2024 di Kota Malang, tujuh tim putra akan berpartisipasi, yaitu Jakarta LavAni Allo Bank Electric, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Kudus Sukun Badak, Palembang Bank Sumsel Babel, dan Jakarta Garuda Jaya.

Sedangkan tim putri yang akan berlaga adalah Bandung BJB Tandamata, Jakarta Pertamina Enduro, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Elektrik PLN Putri, Jakarta BIN, Jakarta Popsivo Polwan, dan Jakarta Livin' Mandiri.

Pertandingan menarik dalam Proliga 2024 adalah antara tim putra Jakarta Bhayangkara Presisi melawan LavAni Allobank Electric pada Kamis (13/6), dan Jakarta LavAni Allobank Electric melawan Jakarta STIN BIN pada Sabtu (15/6).


(SUR)

Berita Terkait