Fenomena Super New Moon Ancam Wilayah Pesisir Jatim

Ilustrasi Ilustrasi

SURABAYA: Fenomena Super New Moon, atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) diprediksi terjadi pada 21 Januari 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi II Maritim Tanjung Perak Surabaya, mengimbau daerah pesisir di Jawa Timur waspada banjir rob akibat Fenomena Super New Moon tersebut.

"BMKG mengeluarkan imbauan supaya masyarakat yang tinggal di daerah pesisir untuk selalu waspada," kata Prakirawan Stasiun Metereologi Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno, dikonfirmasi, Selasa, 17 Januari 2023.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut BMKG, banjir pesisir atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir di Jatim. Yaitu Kabupaten Banyuwangi, Pacitan, Jember, Trenggalek, Malang, Tulungagung, Lumajang, Gresik, Tuban, Pemekasan, Probolinggo dan Surabaya.

"Untuk pesisir Jatim diperkirakan dilanda banjir rob selama delapan hari, tepatnya pada tanggal 18 hingga 25 Januari 2023 mendatang," ujarnya.

BACA:

Sutarno mengatakan fenomena itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Menurutnya, potensi banjir pesisir atau rob memiliki waktu hari dan jam yang berbeda di masing-masing daerah.

"Tapi secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," katanya.

Sementara khusus wilayah Surabaya, lanjut Sutarno, banjir rob diprediksi terjadi di kawasan pesisir Surabaya Utara dan Timur. Yaitu pesisir di Kecamatan Bulak, Krembangan, dan Asemrowo. "Tiga kawasan itu yang wajib diwaspadai," ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait