Hiu Tutul Raksasa Terdampar di Pantai Cemoro Sewu Lumajang

Hiu tutul terdampar di  Pantai Cemoro Sewu (Foto / Istimewa) Hiu tutul terdampar di Pantai Cemoro Sewu (Foto / Istimewa)

LUMAJANG : Seekor hiu tutul berukuran raksasa terdampar di Pantai Cemoro Sewu, Kabupaten Lumajang, Selasa 4 Juli 2023. Saat ditemukan, mamalia laut berukuran panjang kurang lebih lima meter itu dalam kondisi mati. Belum diketahui penyebab hiu tersebut terdampar dan mati. Dugaan sementara karena terseret ombak saat berenang di perairan dangkal Lumajang.

Sampai saat ini hiu tersebut belum dievakuasi. Sebab, ukurannya sangat besar dan bobotnya diperkirakan mencapai lebih dari 1 ton. Selain itu, posisi pantai juga jauh dari permukiman warga. Salah seorang warga, Habibun, mengatakan, hewan bernama latin rhincodon typus itu sudah berada di tepi pantai sejak Senin 3 Juli 2023 sore. Saat itu, kondisi hiu sudah mati.

"Kami berharap, aparat segera mengevakuasi hiu tutul ini. Sebab, kami khawatir segera membusuk dan menimbulkan penyakit," katanya.

baca juga : Kendarai Motor Dinas, Adik Kades di Tuban Jambret Dompet Emak-Emak

Habibun mengatakan, peristiwa hiu tutul terdampar di Pantai Cemoro Sewu bukan pertama kali terjadi. Hampir setiap tahun, hiu tutul banyak muncul di sekitar lokasi.

"Namun, saat memasuki pergantian musim dan gelombang tinggi, hiu tutul kerap terdampar di lokasi ini," katanya.


(ADI)

Berita Terkait