5 Mobil Jadul yang Diburu Kaum Muda, Ini Daftarnya

Toyota Starlet (Foto / Istimewa) Toyota Starlet (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Sejumlah mobil jaman dulu (jadul) menjadi idola kalangan muda sekarang. Selain alasan klasik, mobil era 90an ini juga mulai langka. Sehingga tak hanya terbatas pada mobil sport, tapi juga sedan, hatchback, SUV, hingga mobil keluarga atau MPV.

Berikut lima mobil era 90an yang banyak dicari dan jadi idola kaum muda.

1. Daihatsu Feroza, Daihatsu Taft, dan Daihatsu Rocky

Mobil jadul, mungkin ini yang akan terbesit di benak generasi tahun 2.000an kala melihat SUV kembar tiga keluaran Daihatsu. Ketiga mobil era 90an memiliki desain yang sama. Eksterior mobil ini berbentuk kotak dan minim lekukan. Meskipun tidak terlihat modern, namun tampang luarnya sangatlah gagah dengan didukung oleh ground clearance-nya yang tinggi.

Pilar B didesain sedemikian rupa agar dapat berfungsi sebagai bar pelindung rollover. Daihatsu Feroza, Daihatsu Taft, dan Daihatsu Rocky diproduksi Daihatsu antara tahun 1984 hingga 2002 dengan penjualan di seluruh pelosok Asia hingga daratan Eropa.

Namun ketiganya pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1992 dan dirakit bersamaan secara lokal. Daihatsu Feroza bermesin bensin. Sementara Daihatsu Taft dan Daihatsu Rocky dibekali mesin diesel.

baca juga : Tak Bisa Dinalar, Berikut 5 Penemuan Nyeleneh di Dunia Otomotif

2. Toyota Kijang

Selama tahun 1990 hingga 1999 mobil MPV yang satu ini adalah legendanya. Ada beberapa Toyota Kijang yang mengaspal di Indonesia selama era itu. Sebut saja Toyota Kijang Super, Toyota Kijang Grand Extra, Toyota Kijang Rover, hingga Toyota Kijang yang akrab di telinga dengan sebutan Kijang Kapsul.

Kijang Kapsul mulai diproduksi Toyota pada tahun 1996. Dibanding generasi sebelumnya, Kijang Kapsul memiliki bentuk yang revolusioner di zamannya. Eksteriornya dibuat lebih bulat dan memiliki aerodinamis yang lebih bagus. Sementara interiornya menjadi evolusi bagi kendaraan keluarga di Indonesia karena pertama kalinya muncul MPV dengan semua kursi dengan posisi menghadap ke depan.

Total, Kijang Kapsul memiliki tujuh varian yakni SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX, dan Krista. Banyaknya varian karena memang banyak pilihan mesin yang diusung, mesin bensin dan mesin diesel berkapasitas 1.800cc hingga 2.000cc.

3. BMW 318i M40

Sedan mewah dari pabrikan asal Jerman ini, menjadi cukup populer. Faktornya, tidak lain karena mobil ini dipakai oleh karakter Boy di film Catatan si Boy di era 1980 sampai 1990-an. Untuk jantung penggeraknya, mobil ini dipersenjatai dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.800 cc. Unit tersebut merupakan salah satu mesin yang paling bandel saat itu.

4. Honda Civic Nouva

Ini merupakan Honda Civic hatchback generasi keempat. Selain tipe sedan, Civic memang selalu menghadirkan model hatchback. Dan pada generasi pertama sampai generasi yang kelima selalu menghadirkan model hatchback dua pintu.

Dikenal dengan sebutan Civic Nouva menggunakan mesin 1.500 cc SOHC. Mesinnya terbilang bertenaga pada masanya dan cukup irit bahan bakar. Meskipun diproduksi pada rentang 1989 sampai 1991, tetapi masih banyak pemilik Civic Nouva yang membiarkan mobilnya dalam keadaan standar sampai detik ini.

5. Toyota Starlet

Mobil jadul nan menggoda rasanya cocok disematkan pada Toyota Starlet. Hatchback ini juga digadang sebagai cikal bakal adanya Toyota Yaris. Toyota Starlet sendiri diproduksi dari tahun 1973 sampai tahun 1999.

Di era 90an, karena bentuknya yang membulat, seperti biasa, mobil ini dikenal dengan nama Starlet Kapsul. Meski begitu, desainnya tidak ketinggalan zaman, bahkan harga jual bekas dan kembalinya tetap stabil. Selain desain, ada alasan lain kenapa harganya stabil dan Starlet Kapsul menjadi mobil 90an yang paling dicari, antara lain suku cadang yang masih mudah ditemui, biaya perawatan yang murah, irit bahan bakar, serta mudah untuk dimodifikasi.

Mobil ini memiliki tiga tipe mesin yang semuanya bertransmisi manual, yakni 16 valve 4E-F (karburator), 4E-FE (injeksi), dan 4E-FTE (injeksi dengan turbo). Ya, tidak salah, ada turbo di mobil ini.

 


(ADI)

Berita Terkait