Rawat Sejarah, Makam Aulia Sono Akan Dihidupkan

Makam Aulia Sono di kompleks Guspujat Optronik II Pusat Peralatan Angkatan Darat, Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo/ist Makam Aulia Sono di kompleks Guspujat Optronik II Pusat Peralatan Angkatan Darat, Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo/ist

SIDOARJO: Kawasan Makam Aulia Sono di kompleks Guspujat Optronik II Pusat Peralatan Angkatan Darat, Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, diyakni akan  menjadi daya tarik wisata religi.

"Ini akan jadi daya tarik wisatawan dan peziarah, karena Ponpes Sono di Kabupaten Sidoarjo ini juga merupakan tempat berguru pendiri sekaligus Rais Akbar NU Kyai Hasyim Asy’ari," ujar  Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, saat mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada Kamis (4/5).

Kompleks Makam Aulia Sono meliputi makam ulama seperti Kiai Muhayyin, Kiai Abu Mansur, dan Kiai Zarkasi. Selain itu, ada Pondok Pesantren Sono yang merupakan tempat pendiri Nahdlatul Ulama Kyai Hasyim Asy’ari berguru.

BACA: 7 Amalan Terbaik Saat Gerhana Bulan

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menyebut Makam Aulia Sono sebagai pengingat sejarah peradaban Islam di Indonesia. Rencananya, Pemkab Sidoarjo akan mengelar beberaka kegiatan keagamaan di lokasi ini.

"Semoga ini akan menjadi semangat bagi kami Pemkab Sidoarjo. Bahwa 200 tahun lalu, Sidoarjo pernah menjadi pusat peradaban Islam Indonesia. Sekaligus ini mengingatkan perjuangan dan nasionalisme kami," katanya.

 


(TOM)

Berita Terkait