Tempat Healing Menarik dari Jawa Timur

sumber foto: mauorder.com sumber foto: mauorder.com

Selain adat dan budayanya, Jawa Timur juga menawarkan keindahan alam yang memanjakan. Tidak ada salahnya mengunjungi salah satu dari wisata ini, hitung - hitung healing sobat!

Berikut beberapa rekomendasi tempat healing menarik di Jawa Timur yang patut dikunjungi:

1. Air Terjun Alam Kandung

Dusun Purwodadi, Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Memiliki tiga undak air terjun dengan air terjun utama setinggi 15 meter dan berada di kawasan hutan jati Alas Kandung. Nama lain dari air terjun ini adalah Grojokan Sewu.

Air Terjun Alam Kandung memiliki sejumlah kolam dibawahnya dengan kedalamn hingag 4-8 meter. Air terjun yang menjadi tujuan wisata ini kini mempunyai fasilitas pendukung seperti spot foto, toilet, dan warung.

 

 

2. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru terletak di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Air Terjun Kapas Biru ini bertingkat 2 dengan tingkat bawah setinggi 90 meter dan tingkat atas setinggi 10 meter dan diapit tebing yang sumber airnya berasal dari aliran anak Sungai Besukbang/Sungai Lengkong yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Air Terjun Kapas biru merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang terbentuk ditepian lembah-lembah curam Sungai Besukbang-Glidik di perbatasan Kabupaten Malang - Kabupaten Lumajang. 

 

3. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di perbatasan Malang-Lumajang, Jawa Timur tepatnya berada pada dua desa yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang dan Desa Sidorenggo Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekitar 120 meter.

 

4. Gunung Bromo 

Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi, Ia mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

 

5. Hutan De Djawatan

De Djawatan adalah hutan wisata yang berlokasi di Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Pepohonan di De Djawatan adalah trembesi yang dipenuhi dengan tumbuhan epifit.

Karcis masuk De Djawatan sebesar Rp5000, dan parkir sepeda motor sebesar Rp2000.

 

6. Gua Tetes

Wisata Goa Tetes atau Air Terjun Goa Tetes merupakan sebuah gabungan antara wisata air terjun dan goa yang menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya Goa Tetes telah dibuka sebagai tempat wisata Lumajang lebih dulu jika dibandingkan dengan Air Terjun Tumpak Sewu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya dua pintu masuk yang berbeda, padahal letak kedua tempat wisata ini saling bersebelahan (satu aliran sungai yang sama).

 

7. Kampung Wisata Jodipan

Kampung Wisata Jodipan adalah kampung tematik pertama di Kota Malang. Kampung ini terletak di Kel.Jodipan, Kota Malang.

Kampung Warna Warni terdapat di dua wilayah, yaitu Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Antara keduanya dihubungkan dengan jembatan kaca "Ngalam" Indonesia (Ngalam dibaca Malang). Jembatan mini berlantaikan kaca ini diresmikan penggunaannya oleh Wali kota Malang, Moch. Anton, 9 Oktober 2017.

 

8. Pantai Gosa Cina

Pantai Goa Cina adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dari Pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan menuju Pantai Goa Cina ini hanya perlu waktu 15 menit saja karena kedua pantai ini hanya berjarak kurang dari 7 km. Aksesnya mudah karena melewati jalur lingkar selatan (JLS) dengan kondisi jalan yang baik. Terdapat petunjuk arah dan rambu yang akan memandu pengunjung untuk menuju lokasi.Tetapi harus berhati-hati karena posisi jalan ditepi jurang dan berkelok.

 

9. Ranu Manduro

Ranu Manduro merupakan tempat wisata alam buatan yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Disebut Ranu karena merupakan sebuah kubangan air berukuran besar yang merupakan bekas galian. Pemiliknya bernama muhammad iqbal Tohari.

 

10. Sumber Biru

Sumber Biru adalah sebuah wisata alam yang ada di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Jika dari arah Surabaya yang ingin berkunjung ke Wisata Sumber Biru, bisa melalui Mojoagung belok kiri menuju Wonomerto, Wonosalam, Jombang. Untuk Anda yang dari arah Nganjuk, bisa melalui Mojowarno, Bareng, langsung Wonomerto. Sedangkan yang dari Malang, bisa melalui Kandangan, Bareng langsung Sumber Biru.


(SUR)

Berita Terkait