Ramah Lingkungan! Bungkus Makanan Berbahan Ketela, Tak Perlu Dibuang

Siswa SMA Muhammadiyah 1, Kecamatan Taman Sidoarjo (Smamita) mengolah ketela menjadi bungkus makanan. (metrotv) Siswa SMA Muhammadiyah 1, Kecamatan Taman Sidoarjo (Smamita) mengolah ketela menjadi bungkus makanan. (metrotv)

SIDOARJO: Siswa SMA Muhammadiyah 1, Kecamatan Taman Sidoarjo (Smamita) kembali mengukir prestasi. Kali ini, menciptakan inovasi bungkus makanan berbahan baku ketela.

Temuan ini mendapatkan meraih medali perak dalam kompetisi World Youth Invention dan Innovation Award kategori lingkungan yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta. (UNY). Ajang ini diikuti berbagai siswa dari  37 negara.

Bungkus berbahan ketela ini ditemukan lima siswa. Mereka menamai karyanya dengan judul edible film from cassava starch as food packaging.  

"Ini adalah bungkus atau wadah makanan yang berbahan baku utama sari ketela, " ujar Oktavia, salah satu siswa.

BACA: Kulit Durian Bisa Jadi Gel Anti Jerawat, Ini Temuan Mahasiswa Unibra!

Uniknya, bungkus makanan berbahan ketela ini tidak perlu dibuang karena bisa dimakan. Selain itu tetap aman bagi kesehatan, meski tidak memiliki rasa.

"Kami sengaja menciptakan karya ini untuk mengurangi pemakaian plastik. Selama ini bungkus makanan atau jajanan sering menggunakan plastik sehingga mengakibatkan terus bertambahnya sampah plastik, " ujarnya.


Kedepan, para siswa ini  berharap akan semakin banyak produk makanan yang menggunakan bungkus alami seperti ini. Sehingga sampah plastik yang mencemari lingkungan juga bisa diminimalisir.

 

 


(TOM)

Berita Terkait