Bocoran Calon Menpora, Perempuan dan Masih Muda

Presiden Jokowi Presiden Jokowi

JAKARTA: Partai Golkar sudah menyerahkan pengganti Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nama yang diserahkan sesuai dengan kriteria yang diinginkan Kepala Negara.

"Yang muda, perempuan. Nama sudah diserahkkan (ke Presiden)," kata Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 24 Maret 2023.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian itu menyampaikan dirinya menyerahkan beberapa nama ke Jokowi. Nama yang diserahkan tak hanya sosok perempuan.

“Ada laki, ada perempuan," ujarnya.

BACA: Pemuda Sidoarjo Terluka Akibat Ledakan Petasan, 4 Rumah Rusak!

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan dirinya telah menerima calon Menpora selanjutnya dari Golkar. Namun, dia belum memutuskan sosok yang akan dinobatkan sebagai pengganti Amali.

"Menpora belum diputuskan, tapi nama nama dari Pak Ketua Golkar sudah ke kita. Tapi belum diputuskan, belum saya putuskan," jelas Jokowi kepada wartawan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Senin, 20 Maret 2023.

Jokowi mengaku ada sejumlah nama yang diserahkan Airlangga sebagai calon Menpora. Namun, Jokowi ingin agar Menpora selanjutnya sosok yang masih muda.

"Nama yang masuk enggak hapal. Nanti Pak Ketua Golkar saja. (Kriterianya) Muda," ujar Jokowi.

 Amali memilih mundur sebagai Menpora usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Presiden Jokowi pun menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menpora.

 


(TOM)

Berita Terkait