Polisi Kejar Pemburu yang Diduga Memicu Kebakaran Gunung Arjuno

Sumber: Humas Polres Malang Sumber: Humas Polres Malang
KABUPATEN MALANG: Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), diduga disebabkan pemburu liar. Polisi menyelidiki lebih lanjut dugaan tersebut untuk menindak pemburu yang diduga menyebabkan kebakaran ini.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengumpulkan bukti dan informasi yang diperlukan dalam penyelidikan ini. Tindakan seperti ini yang harus dihindari agar kita dapat menjaga kelestarian alam kita,” kata Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik, dikutip dari Humas Polres Malang, Selasa, 29 Agustus 2023.

Ia menambahkan, kebakaran ini mengancam keberlangsungan ekosistem serta keanekaragaman hayati yang ada di lereng Gunung Arjuno.

Api pertama kali muncul pada Sabtu, 26 Agustus 2023. Hingga saat ini, tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman. Dari tujuh titik api yang muncul, saat ini hanya tersisa dua titik api yang belum padam.

Akibat kebakaran ini, pihak pengelola Taman Hutan Raya Raden Soerjo menutup sementara seluruh jalur pendakian Gunung Arjuno. Keputusan ini diambil demi keselamatan para pendaki serta untuk memudahkan upaya pemadaman.


(SUR)

Berita Terkait