Sambut Lebaran, BI Jatim Siapkan Penukaran Uang Baru hingga Rp24,5 Triliun

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Jawa Timur menyiapkan Rp24,5 triliun untuk penukaran uang baru selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023. Jumlah itu meningkat 8,4 persen dibanding realisasi tahun 2022 yakni Rp22,6 triliun. Dari Rp24,5 triliun tersebut, untuk kota Surabaya sebesar Rp12,6 triliun, atau meningkat 11,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp11,3 triliun.

"Peningkatan jumlah uang baru ini sejalan dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi, peningkatan mobilitas masyarakat serta kegiatan mudik jelang Lebaran," kata Kepala KPBI Jatim, Budi Hanoto, Senin 27 Maret 2023.

Dia mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan perbankan membuka 500 titik layanan penukaran di seluruh kantor perbankan wilayah kerja BI Jatim. Loket penukaran di bank umum buka setiap Selasa hingga Kamis. Mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan 11.30 WIB.

"Sedangkan di BPR buka setiap Senin dan Jumat pukul 08.30 sampai dengan 11.30 WIB," terangnya.

baca juga : Menilik Masjid Tertua di Bojonegoro, Dibangun Era Perang Diponegoro

Selain penukaran melalui perbankan, BI Jatim juga kembali menyediakan layanan drive thru. Layanan ini dibuka sejak 25 Maret sampai dengan 16 April 2023. Layanan ini akan beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu berlokasi di halaman kantor BI Jatim. Terdapat dua sesi layanan yang masing-masing akan melayani 1.000 penukar.

"Sesi I pada pukul 09.30 WIB sampai dengan 11.30 WIB. Kemudian sesi II pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB," kata Budi.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi penukaran, masyarakat yang akan menukar uang melalui perbankan dan layanan drive thru juga didorong untuk menggunakan QRIS dan EDC yang tersedia di loket. "Adapun kuota penukaran maksimal senilai Rp3,8 juta untuk setiap penukar," tuturnya.

Tahun ini, kata dia, BI Jatim memperluas area layanan kas keliling ritel di sejumlah jalur yang akan dilalui pemudik. Antara lain, di rest area tol dan pos mudik gratis Dishub Jatim melalui sistem penukaran menggunakan aplikasi (PINTAR) maupun non aplikasi. Selain itu, layanan penukaran uang juga disediakan bagi peziarah di area lima makam Wali Songo di Jatim. Yaitu makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Giri Gresik, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Gresik, dan Sunan Bonang Tuban.

“BI Jatim selalu konsisten dalam menyediakan layanan prima dan inovatif melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholders untuk memenuhi kebutuhan uang warga Jatim," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait