Insipiratif, Abdul Rokhim Selesaikan Pendidikan S1 di Usia 65 Tahun

Abdul Rochim saat menjalani proses wisuda (Foto / Istimewa) Abdul Rochim saat menjalani proses wisuda (Foto / Istimewa)

JEMBER : Usia tak menghalangi seseorang untuk menuntut ilmu. Seperti Abdul Rochim. Kakek berusia 65 tahun itu sukses merampungkan pendidikannya di Universitas Islam Jember. Dia kini berhak menyandang titel sarjana hukum.

Abdul Rochim menjadi salah satu dari 345 mahasiswa Universitas Islam Jember yang diwisuda. Pria yang berprofesi sebagai dokter gigi itu khidmat mengikuti proses wisuda meski usianya terpaut jauh dari wisudawan dan wisudawati lainnya.

"Saya itu memanfaatkan waktu saja. Daripada banyak waktu yang terbuang, saya gunakan untuk mencari ilmu di luar bidang saya," kata Abdul Rochim, Sabtu 18 Maret 2023.

Dia mengaku sengaja mengambil disiplin ilmu hukum untuk membantu kalangan bawah yang berhadapan dengan hukum. "Niat saya ingin jadi pengacara orang-orang bawah," kata dia.

baca juga : Bersandar, 3 Kapal Nelayan di Pelabuhan Probolinggo Terbakar

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Jember, Abdul Hadi, mengatakan adanya wisudawan tertua hari ini menjadi motivasi bersama bahwa usia tak membatasi seseorang untuk menuntut ilmu. "Memang ada wisudawan yang tertua," kata dia.

 


(ADI)

Berita Terkait