Tim Unair Akan Teliti Penyebab Kematian Paus Terdampar di Pantai Surabaya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Tim dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) meneliti penyebab kematian seekor paus yang terdampar di pantai daerah Kejawan Putih Tambak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tim akan melakuka autopsi terhadap bangkai paus tersebut. Dosen Divisi Patologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Drh. Bilqisthi Ari Putra mengatakan, saat ini tim masih melakukan observasi di laboratorium.

"Besok akan dilakukan evaluasi pada bangkai untuk kedua kali," ujar Bilqisthi, Senin 15 Mei 2023.

Dia menyampaikan, belum bisa memastikan dugaan awal penyebab kematian paus itu. Namun, tim tidak menemukan tanda kekerasan pada bangkai paus. "Dugaan awal masih belum ada karena belum kita autopsi. Lebih lanjutnya akan kita pastikan esok," katanya.

Menurutnya, tim dari Fakultas Kedokteran Unair akan mengautopsi bangkai paus tersebut pada Selasa 16 Mei 2023. "Rombongan dari Unair hari ini ada empat orang. Besok ada 10 tim yang akan turun kembali untuk autopsi," ucapnya.

baca juga : Upaya Dinas Perpustakaan Tingkatkan Literasi di Gresik, Sediakan Ruang Baca Anak, Difabel hingga Tempat Instagramable

Dia mengungkapkan, pada Sabtu 13 Mei 2023 malam warga menemukan bangkai paus di pantai yang ada di wilayah Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya. Tim dari Fakultas Kedokteran Hewan Unair, kata dia baru menerima informasi mengenai penemuan bangkai paus itu pada Minggu 14 Mei 2023 malam.??????? Paus itu termasuk golongan paus Bryde.

Dia menyampaikan, tim Fakultas Kedokteran Hewan Unair akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti jenis paus tersebut. "Yang pasti golongan Bryde's whale, kemungkinan paus balin, namun selanjutnya akan kita pastikan dari hasil autopsi," katanya.

Balin, lanjut dia merupakan jenis paus yang tidak bergigi dan biasa memakan makanan seperti plankton. Menurutnya, paus balin memang sedang melakukan migrasi.

 


(ADI)

Berita Terkait