Matahari Kembali Akan Berada Tepat di Atas Kakbah, Ini Sebabnya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Fenomena alam yang jarang terjadi kembali menyambangi Bumi untuk kedua kalinya tahun ini. Matahari akan berada tepat di atas Kakbah. Fenomena serupa sudah pernah terjadi ada 27 Mei 2021. Peristiwa alam yang juga disebut Istiwa'ul A'zham (Great Culmination) ini akan kembali terjadi pada 15 Juli 2021.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjelaskan, fenomena ini terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografis Kakbah. "Ketika tengah hari, Matahari tepat berada di atas Kakbah," tulis Lapan, dilansir dari laman resminya, Senin 12 Juli 2021.

BACA JUGA : Ada Kampung Eropa di Magetan, Begini Penampakannya

Di Indonesia, fenomena ini bisa digunakan untuk meluruskan arah kiblat. Puncaknya terjadi pada pukul 16.26.42 WIB atau 17.26.42 WITA atau 18.28.42 WIT. Namun, sebagian Provinsi Maluku, mulai dari Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan Kabupaten Kepulauan Kei, tidak bisa merasakan fenomena ini.

Kemudian, Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar), dan Kabupaten Kepulauan Aru, ditambah dengan Provinsi Papua Barat serta Provinsi Papua.

 


(ADI)

Berita Terkait